10 Cara Berhenti Merokok – Sebagian orang mengatakan bahwa tidak merokok tidak keren, merokok adalah bukti kedewasaan, merokok adalah sumber inspirasi, tidak merokok bikin otak buntu, makan kurang lengkap tanpa diiringi sedotan puntung rokok, dan seterusnya.

Namun perlu disadari, merokok adalah salah satu aktifitas yang tidak baik bagi kesehatan. Banyak bahaya yang ditimbulkan dari merokok, mulai yang ringan sampai yang terberat. Konsumen juga melihat peringatan yang tertera pada tiap bungkus rokok itu sendiri. “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin”, sampai peringatan yang cukup dahsyat, yakni, “PERINGATAN , MEROKOK MEMBUNUHMU”.

Ketika cukup dirasa bahwa merokok merupakan salah satu bentuk pemborosan yang sekaligus merugikan kesehatan. Sebenarnya ada keinginan dari hati yang paling dalam untuk berhenti dari kebiasan buruk itu.

Jika sudah terlanjur menjadi kebiasaan (kecanduan), maka keinginan berhenti harus disertai dengan usaha yang tidak mudah. Tapi jangan gelisah, Anda dapat mengikuti tips berikut jika bersungguh-sungguh ingin berhenti merokok.

  1. Bulatkan Niat dan Tekad

Untuk tujuan apa Anda berhenti merokok? Untuk siapa? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai anda. Awali niat dan tekad anda dengan berdoa kepada Allah Yang Membolak-balik hati manusia.

  2. Fokuslah Pada Manfaatnya

Banyak sekali manfaat kesehatan ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok. Tak hanya bagi diri sendiri, tapi manfaat berhenti merokok juga bisa dirasakan oleh keluarga/orang lain.

Misalnya untuk diri sendiri, cobalah berfikir berhenti merokok itu dapat membuat wajah terlihat lebih tampan, cantik, rupawan, awet muda, dan berseri. Dengan anggapan semacam ini, sedikit demi sedikit Anda akan mulai menjauhi rokok.

  3. Jauhi Teman Yang Merokok

Teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah yang mengatakan, “jika seorang berteman dengan penjual ikan, dia akan mendapat aroma amis ikan-ikan yang dijual, tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga”. Jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan Anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.

  4. Tetapkan Tanggal Mulainya

Harus ada tanggal pasti kapan Anda memulainya. Meskipun nanti ada saja hambatan ketika ingin mencobanya, terutama stres. Biasanya stres muncul ketika hari pertama sampai ketiga, atau bisa juga seminggu. Itu adalah bagaian dari resiko yang harus Anda ambil.

Coba Anda cermati: Mau Sukses ??? Jangat Takut Ambil Resiko

Jadi, ketika sudah mendekati tanggal Anda harus siap mental dan emosional. Ingat, jangan Anda menundanya lagi. Semakin cepat memulainya, maka semakin panjang usiamu nanti.

  5. Mintalah Dukungan

Penting bagi Anda untuk mengutarakan niat baik untuk berhenti merokok ini kepada orang-orang terdekat, baik itu pasangan, sahabat, ataupun keluarga. Mereka akan sangat membantu dalam mengingatkanmu untuk berhenti merokok.

  6. Alihkan Perhatian Anda

Beberapa penelitian membuktikan aktifitas fisik dapat membantu mengalihkan perhatian ketika muncul hasrat ingin merokok. Anda bisa menggerakkan tubuh dengan berlari keliling kompleks, sit up, lompat tali, sepeda santai dan sebagainya.

Selain itu kegiatan rumah tangga juga bisa Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian, seperti menyapu, mengepel, menyirami taman, dan sebagainya. Sedangkan ketika hasrat merokok muncul di kantor, Anda bisa keluar ruangan, naik turun tangga, atau lari di tempat untuk mengalihkannya.

  7. Konsisten

Banyak orang yang berjanji untuk berhenti merokok, tapi tak sedikit yang melanggarnya. Ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok, cobalah untuk mendisiplinkan diri.

Mungkin sesekali Anda akan tergiur untuk merokok dan berkata ‘ah cuma sebatang aja ngga papa’. Mulai sekarang jauhkan pikiran tersebut.

Menghisap rokok meskipun sebatang akan memicu Anda terus menerus menghisap batang demi batang lagi, lagi dan lagi.

  8. Kunjungi Tempat Tanpa Asap Rokok

Cobalah untuk menghabiskan waktu berjam-jam sehari dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti misalnya perpustakaan atau toko buku. Namun apabila Anda ingin ngopi bareng temen, disarankan memilih no-smoking area atau daerah tanpa asap rokok.

Disamping membantu Anda untuk bersabar tanpa rokok, setelah dari tempat itu Anda akan termotivasi keadaan yang bebas polusi rokok, lebih sejuk, lebih bersih dan lebih menyehatkan.

  9. Buatlah Diri Lebih Sibuk

Carilah kesibukan dengan hal-hal yang Anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu sendiri, sehingga terbebas dari rokok.

Selain menyibukan diri, sibukan juga tanganmu, misalnya menulis, senam jari, dan sebagainya. Beberapa penelitian membuktikan, keinginan merokok akan semakin tinggi ketika tangan tidak melakukan aktivitas sama sekali.

10. Buat Motivasi ”Gila”

Anda bisa menciptakan ide yang menurut Anda bisa mempercepat proses penyembuhan dari kebiasaan merokok. Misalnya Anda membuat perjanjian dengan orang terdekat, istri misalnya. Jika Anda (ketahuan) merokok akan membayar denda 150 ribu. Atau jika Anda yang merokok tidak akan mendapat jatah bercinta dari istri, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara berhenti merokok  yang bisa Anda coba. Semua kembali kepada niat diri sendiri untuk berhenti merokok. Sebelum memulai, baca artikel diatas berulang kali agar terbentuk niat yang kuat dalam diri masing-masing. Selamat mencoba. Semoga cepat sembuh dari kebiasaan yang tidak sehat.

Jangan Lewatkan:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here