10 Cara Mengatasi Rasa Kecewa – Solusi Jitu Bangkit Dari Kekecewaan – Siapa sih yang tidak pernah merasakan kecewa. Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti pernah merasakannya. Itu adalah tanda bahwa ia butuh oran lain, dan dia berhubungan dengan orang lain.

Kecewa itu manusiawi. Jika Anda memutuskan untuk berbaur dengan orang-orang di sekeliling Anda, maka bersiaplah untuk kecewa. Tidak hanya itu, suatu saatpun Anda akan membuat kecewa orang lain baik besar atau kecilnya kekecewaan itu.

Menghindari kekecewaan sama halnya dengan menghindari kehidupan. Karena hidup di dunia yang fan ini tentunya banyak hal yang mengecewakan karena ktidakkekalannya dan ketidaksempurnaannya.

Sekaya apapun anda, sehebat apapun anda, seberkuasa apapun anda, serapi apapun rencana anda, keewa akan tetap akan menghampiri jika saatnya sudah tiba. Oleh karena itu persiapkan diri untuk dikecewakan karena dimana ada keinginan maka disitulah kita berpotensi untuk dikecewakan.

Rasa Kecewa Hanya Bisa Diatasi

Sebagai salah satu bentuk cobaan hidup, kecewa akan selalu ada. Kecewa tidak bisa dihindari. Siapapun akan menemuinya. Namun kecewa bisa diatasi. Berikuti ini adalah cara cara ampuh untuk mengatasi kekecewaan yang akan menguatkan Anda dan bahkan menjadikan Anda lebih baik.

1. Meminimalisir Keinginan

Manusia hidup dengan keinginan. Ketika sudah banyak keinginan-keinginan yang mengembang dalam alam fikiran dan hati manusia , maka potensi kekecewaan akan semakin besar pula.

Cukupkan keinginan itu dengan fokus pada satu harapan saja. Bahkan ketika kita menolkan keinginan dan terus bergiat dalam kebaikan niscaya hati ini menjadi lebih damai dan tenang hari lepas hari.

2. Jangan Memaksakan Kehendak

Hidup berdampingan dengan orang lain mengajarkan kita untuk tidak memaksakan kehendak sendiri atau kehendak orang lain. Pemaksaan keinginan akan membebani hidup bahkan mengacaukan pikiran sendiri ketika tidak disetujui orang lain. Mengalirlah seperti air.

3. Sadar Akan Kemampuan Yang Terbatas

Tida salahnya menginginkan ini dan itu muncul dalam hati namun di atas semuanya itu perlu diingat akan cakupan kemampuan diri. Mimpi itu tidak salah selama kita mau hidup dalam realitas dan menerima kenyataan yang terjadi.

Temukan dan galilah potensi anda sebaik mungkin. Kembangkan itu dan milikilah harapan yang tidak jauh-jauh dari bakat yang dimiliki saat ini.

4. Tidak Usah Lebay

Harapan yang berlebihan tanpa mengenal kondisi dir dapat membuat posisi anda sangat rapuh. Keinginan yang berlebihan terhadap sesuatu membuat diri lebih berpotensi untuk kecewa ketika hal itu tidak terwujud/ terpenuhi kelak.

Sebaliknya, jika minat berada di posisi standar namun mengatur perjuangan anda pada level yang maksimal maka hasilnya positif atau negatif, tidak akan menimbulkan kekecewaan yang mendalam melainkan tekanannya lebih ringan sehingga mudah untuk dilupakan. Biarlah rasa itu seperti angin lalu.

5. Pahamilah Kekecewaan Adalah Bumbu Kehidupan

Jika Ini Anda kuasai tentu akan membuat Anda lebih sabar, kuat dan dewasa hari demi hari. Tetap berpikiran positif terhadap semua yang telah terjadi. Pandanglah semuanya sebagai pelajaran hidup yang pantas dijadikan sebagai pengalaman untuk hidup yang lebih baik.

6. Memaafkan Itu Melegakan

Memaafkan adalah langkah awal yang baik untuk membuat hati lebih lega. Memendam dendam kepada orang lain membuat pikiran penuh sesak, otak ini menjadi mandek dan inspirasi (termasuk kreativitas) bisa hilang. Oleh karena itu ikhlaskan semua yang telah terjadi agar hati lebih tentram dan damai.

7. Redam Amarahmu

Tarik nafas sejenak, redam kebencian dalam hati lalu marahlah dengan santun, ungkapkan kekecewaan anda secara baik-baik. Jangan merusak citra sendiri dan mengahancurkan nama baik yang selama ini telah dibangun. Lebih baik diam daripada salah tingkah.

8. Mengalihkan Konsentrasi Pikiran

Saat kejadian tersebut terngiang kembali di otak : jangan digubris/ jangan dibahas lagi melainkan alihkan kepada sesuatu yang lebih positif. Seperti bernyanyi lagu rohani, membahas Kitab Suci atau memikirkan sesuatu yang bermanfaat lainnya.

9. Belajar Dan Berubah Menjadi Lebih Baik

Anda harus mulai melakukan analisis sederhana, “mengapa anda bisa kecewa?”. Pertimbangkanlah baik-baik apakah yang dapat anda ambil hikmah dari semuanya itu. Tidak usah menggubris kesalahan orang lain akan tetapi cari tahu (konsentrasi pada) kesalahan sendiri lalu jadilah bijak untuk mengubah hal itu dihari-hari yang akan datang. Perubahan itu mutlak untuk hidup yang lebih baik.

10. Tetap Miliki Harapan

Harapan inilah yang membuat kita bersemangat menjalani hidup. Ketika kita mengharap sesuatu yang baik maka pikiran, perkataan dan tindakan kita juga tidak jauh-jauh dari kebaikan bersama. Jika anda dikecewakan oleh situasi atau oleh seseorang katakanlah kepada diri sendiri bahwa “pasti ada masa depan yang lebih baik bagi setiap orang yang mengandalkan Tuhan”.

Itulah 10 cara mengatasi kekecewaan. Semoga dapat menghapuskan luka yang mendera hidup Anda. Jadilah lebih baik, karena hidup adalah perubahan, berubah menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat untuk orang lain

Baca Juga:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here