Belanja online telah menjadi trend masyarakat saat ini. Kemudahan akses internet dan kemudahan bertansaksi disinyalir sebagai penyebab utama maraknya praktek jual beli online. Berbagai jenis sarana jual beli online pun bisa saja kita temukan di internet. Paling tidak sarana untuk jual beli online dapat dikelompokkan ke dalam 4 kelompok yaitu: iklan baris (seperti OLX), e-commerce, media sosial (seperti Facebook), marketplace, dan toko online.

Iklan baris di internet seperti OLX, tidak jauh beda dengan iklan baris di koran. Pembeli  melihat iklan, lalu tertarik, kemudian menghubungi penjual/pengiklan secara langsung, baik via HP, email, chat (yang tercantum di iklan tsb).

Sementara itu, E-commerce menjual barang yang dikirim oleh mereka sendiri, dimana barang-barang tersebut adalah milik supplier. Belanja di ecommerce akan lebih memudahkan Anda untuk belanja barang-barang yang sudah Anda kenal dengan baik dan digunakan semua orang, seperti sepatu, tas, HP, laptop dll. Jika Anda belanja selain hal-hal tersebut, maka bukan pilihan yang tepat karena Anda kurang bisa mendapat gambaran yang tepat.

Kemudian, banyak juga penjual yang menawarkan barang dagangan atau jasa nya lewat sosial media seperti BBM, Facebook dll. Bahkan banyak group-group jual beli di facebook.

Alternatif lain untuk belanja online adalah dengan marketplace atau istilah sederhananya adalah pasar online. Belanja di marketplace ibaratnya anda belanja di pasar namun secara online.

Marketplace mempertemukan banyak penjual dengan banyak pembeli. Mereka menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi. Perusahaan marketplace ini juga menjadi mediator atau pihak tengah yang memastikan transaksi yang dilakukan lebih aman.

Namun dari berbagai model belanja online di atas, disarankan untuk belanja di toko online. Toko Online adalah sarana atau toko untuk menawarkan barang dan jasa lewat website. Pengunjung dapat melihat barang-barang di toko online lengkap dengan deskripsi serta edukasi melalui artikel-artikel terkait dengan produk yang ditawarkan.

Selain itu belanja di toko online mempunyai banyak keuntungan lain

1. Praktis dan menghemat waktu

Hal ini jelas bila dibandingkan dengan Anda harus pergi ke pasar nyata. Dengan duduk atau tiduran di depan computer kita sudah bisa berbelanja berbagai macam barang baik pakaian, alat elektronik alat kesehatan dan sebagainya.

Misalnya  kalau kita pengen beli baju gak perlu ke butik atau mall. Tinggal buka website toko baju online kemudian tinggal milih barang yang kita inginkan. Belanja dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada akses internet.

2. Puas memilih

Toko online menyediakan apa yang kita butuhkan. Semuanya hampir ada. Dari sekedar barang sederhana dan murah sampai barang yang berharga mahal. Semuanya ada, tinggal kita buka website yang menyediakan kebutuhan kita. Kalau kita mau beli alat elektronik tinggal buka aja website toko elektronik dan sebagainya.

Yang lebih asyik lagi kita dapat dengan mudah membandingkan harga dari toko satu dengan toko lainnya dan mudah mendapatkan jenis atau model barang terbaru. Dan terkadang kita sulit mencari barang yang di inginkan di kota kita tetapi di toko online banyak yang menyediakan.

3. Lebih bisa fokus dengan tujuan

Dengan berbelanja online, kita biasanya lebih fokus untuk mencari barang yang kita butuhkan. Sehingga mencegah kita menjadi lapar mata dan membeli barang lain yang sama sekali tidak kita butuhkan. Beda ketika seseorang jalan-jalan ke supermarket, anda yang tadinya hanya berniat membeli 1 jenis barang tiba-tiba sampai di rumah dengan berbagai barang yang anda beli tanpa anda rencanakan sebelumnya.

4. Harga lebih ‘berani’

Sebagian besar toko online menawarkan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan toko offline. Alasannya, saat ini sudah banyak orang yang mengetahui bahwa barang-barang yang dijual di internet cenderung lebih murah karena tidak dikenakan pajak bangunan seperti toko offline.

Alasan lain, yaitu sudah banyak bermunculan toko online dengan variasi harga terbaik. Akhirnya, para pebisnis online pun mengurangi margin keuntungan demi mendapatkan banyak pelanggan.

5. Dapat dilakukan kapan saja, dimana saja.

Kebanyakan toko online, khususnya toko online lokal biasanya menyediakan Customer Service dengan media chatting (BBM, YM, WhatsApp, dll). Sehingga anda bisa bertransaksi kapan saja dimana saja hanya dengan menggunakan handphone anda.

6. Lebih mantab

Jika dibandingkan dengan sarana online lain, belanja online akan lebih mantab jika di toko online, karena penjual benar-benar membangun atau memiliki website toko online. Tidak disebut penjual online jika hanya bergantung sepenuhnya pada tempat atau website orang lain (Facebook, Marketplace, Forum, dan lain-lain).

7. Mendapatkan barang dengan kualitas terpercaya

Kualitas barang lebih dapat dipercaya karena penjual toko online biasanya punya produk sendiri, atau kerjasama dengan produsen secara lebih khusus.

8. Selain barang, pembeli juga dapatkan edukasi

Pembeli akan mendapatkan cukup edukasi dan pemahaman yang utuh. Karena toko online yang terpercaya didukung banyak artikel yang mendeskripsikan barang yang dijual dan memberikan edukasi terkait kepada calon pembeli.

Penjual toko online yang baik tidak hanya menjual barang tapi berusaha menjadikan pembeli sebagai mitra atau klien. Penjual mengedukasi pengunjung dengan banyak artikel-artikel yang mendidik, ada sosial media untuk bergabung sehingga setalah transaksi selesai hubungan anda dan penjual masih tetap terjalin.

9. Memberi kepuasan dalam pelayanan

Kesediaan toko online memberikan solusi jika ada masalah apapun yang ditemui pelanggannya adalah nilai plus tersendiri. Bahkan ada beberapa situs yang jika Anda tidak puas, padahal pembelian sudah terjadi berminggu-minggu yang lalu, Anda bisa komplain uang kembali. Satu hal yang tidak akan ditemukan jika belanja di marketplace.

10. Mudah berlangganan dengan barang yang semakin berkualitas

Situs yang jelas dan mudah diingat menjadikan Anda lebih mudah untuk belanja kembali di toko online tersebut. Menjual di toko online ibarat jualan di toko, bukan di pasar, sehingga rebutan pembeli bisa diminimalisir, sehingga penjual lebih bisa meningkatkan kwalitas barang yang mereka jual. Siapa yang untung? Tentunya pembeli yang bisa mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.

Itulah sepuluh kelebihan belanja di toko online. Selain Aman, mudah, Anda juga untung.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here