Anda Penderita Diabetes?? Inilah Pola Makan Yang Pas Buat Sahur Dan Berbuka – Menurut Dokter diabetologist dan endocrinologist, Siloam Hospitals Lippo Village, Tangerang, dr Johanes Purwoto, Sp.PD-KEMD, sebagaimana dilansir merdeka.com, ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan waktu yang tepat bagi pasien diabetes guna mengontrol dan mengatur gula darah di dalam tubuh melalui asupan makanan yang sesuai selama berpuasa hingga waktu berbuka puasa. Dia mengatakan penderita diabetes saat berbuka puasa boleh minum yang manis.

Meskipun demikian mengatur menu berbuka dan sahur akan sangat penting untuk diperhatikan selama berpuasa. Karena memang tidak mudah menyusun menu berbuka dan sahur untuk penderita diabetes.

Makanan dan minuman yang ada pada saat berbuka oleh kebanyakan orang adalah yang manis. Bagi penderita diabetes, jika tidak terkontrol hingga terlalu banyak gula, maka kadar gula dalam darah dapat mengalami pelonjakan. Begitupun jika tak mengandung energi sama sekali justru penderita diabetes akan mengalami hipeglikemia yang menimbulkan efek lemas dan lesu.

Menu makanan yang terbaik saat buka adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks serta protein rendah lemak. Hindari mengkonsumsi makanan manis dan bergula tinggi agar tak terjadi naiknya gula dalam darah yang tidak terkontrol.

Sedangkan untuk menu sahur, sebaiknya penderita menghindari minum teh atau kopi bergula tinggi yang bisa sebabkan pelonjakan kadar gula dalam darah. Pilih makanan yang mengadung protein tinggi supaya tetap aman dan kuat saat puasa.

Penderita diabetes tidak hanya harus memperhatikan jenis makanan, tapi perhatikan juga cara pengolahannya. Misalnya, hindari makanan yang digoreng untuk membatasi jumlah lemak yang dikonsumsi.

Selain itu, tak kalah penting adalah jadwal makan selama berpuasa. berikut ini adalah contoh jadwal makan bagi penderita diabetes selama puasa sebagaimana dilansir meetdoctor.com yang bersumber dari Sumber: dr. Jenni, M. Gizi, SpGK.

Baca Juga: Cara Efektif Diet Di Bulan Puasa

Jadwal Makan

1. Buka puasa
50% dari kebutuhan energi sehari.
– Sebelum salat magrib berupa makanan ringan atau makanan segar (10%). Sesudah salat magrib berupa makanan padat atau makanan besar (30%)
– Sesudah salat tarawih sebanyak 10% dari kebutuhan energi sehari berupa makanan kecil.

2. Sahur
40% dari kebutuhan energi sehari, berupa makanan padat atau makanan besar. Sebaiknya, penderita diabetes juga melaksanakan sahur saat waktunya sudah mendekati imsak.

Penderita diabetes juga bisa menggunakan contoh menu makan dalam puasa (1700 kkal) seperti berikut ini:

1. Berbukalah dengan segelas air putih, air kelapa, atau kurma sebanyak 3 – 5 buah atau buah-buahan.

2. Contoh makanan utama pada saat berbuka puasa: 150 gram nasi merah (8 sendok makan ), 1 ekor ikan bakar ukuran sedang, 2 potong tempe bacem, 1 gelas sayur labu air, dan 1 buah apel ukuran sedang.

3. Sebelum tidur dapat mengonsumsi snack ringan seperti puding susu, ubi, singkong, jagung rebus.

4. Saat sahur: 200 gram nasi merah (10 sendok makan), 1 potong pepes ikan atau pepes ayam pepes ukuran sedang, 3 sendok makan sup kacang, 1 – 2 gelas sayur oyong wortel, dan 1 potong pepaya ukuran besar.

Jangan lupa agar hubungan badan dengan pasangan tetap lancar meskipun Anda menederita deabetes, sertakan XCure dalam daftar menu Anda.

Minum XCure 1 atau 2 kapsul 2 kali sehari 15 menit sesudah makan akan membantu melancarkan sirkulasi darah ke sistem reproduksi Anda sehingga ereksi bisa lebih kencang dan libido akan meningkat sehingga Anda bisa mendendapatkan gairah seksual yang mengebu-gebu.

Selain itu XCure juda dapat Membantu meningkatkan kontrol otot polos pada alat vital, sehingga mampu mencapai ereksi dengan sempurna. Dan yang tak kalah pentingnya, XCure dapat  bekerja secara sistemasis dan konstruktif menyembuhkan diabetes secara bertahap. Tunggu apalagi? Segeralah masukkan XCure ke dalam daftar menu berbuka Anda.

Jangan Lewatkan : 5 Langkah Menikmati Seks Bagi Penderita Diabetes

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here