7 Langkah Memperbaiki Kualitas Tidur – Tak ubahnya dengan makan, tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Badan yang mulanya lelah, letih, lesu dikarenakan aktivitas sehari-hari dapat menjadi prima kembali dan siap menjalani aktivitas seharian lagi karena telah direfresh dengan tidur yang berkualitas.

Dan ternyata, tidak hanya manusia , hewan juga membutuhkan tidur. Diantara mereka ada yang tidur sambil berdiri seperti kuda, ada yang tidur sambil duduk seperti bebek, ada yang tidur sambil berbaring singa, dan ada pula tidur sambil bergantung seperti kelalawar.

Kenyatan itu semua menunjukkan bahwa tidur itu sangat dibutuhkan bagi mahluk yang hidup, kecuali tumbuhan, karena tumbuhan tidak memiliki otak. Akan banyak manfaat yang diperoleh jika tidur berkualitas dapat terpenuhi. Diantaranya; meningkatkan daya ingat, memacu kreativitas, mempertajam fokus, sebagai kontrol berat badan, mengurangi stres dan masih banyak manfaat lainnya.

Namun demikian, dalam kenyataanya manusia sebagai makhluk yang “paling berakal” dengan berbagai macam aktifitas yang dijalannya seringkali kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi. Bisa karena kekurangan waktu untuk tidur, atau meskipun kelihatan lama tidur namun tidurnya tidak berkualitas.

Sebagai kebutuhan, kekurangan tidur berkualitas, seperti halnya kekurangan makanan yang bergizi, akan menimbulkan banyak efek negatif bagi kesehatan manusia. Seperti mudah sakit dan susah sembuh, menurunkan performa seks, menurukan daya ingat,, mempercepat penuaan dan masih banyak lagi.

Untuk itu, jika sekarang Anda mungkin masuk pada golongan mereka yang susah tidur atau sulit mendapatkan tidur yang berkualitas, penting bagi Anda mengikuti tips berikut agar bisa mendapatkan manfaat darinya, dan menjauhi akibat buruk dari tidur yang tidak berkualitas.

1. Memperbaiki Kualitas Tidur Dengan Berolahraga

Berolahraga membuat badan Anda tetap fit dan meningkatkan hormon tidur Anda. Selain itu, berolahraga membuat Anda mudah terlelap karena lelah.

2. Ikuti Waktu Tidur Yang Teratur

Jika Anda memiliki waktu tidur yang teratur dan terjadwal setiap hari, maka otak Anda akan terprogram dengan sendiri untuk tertidur pada waktu yang sama setiap harinya.

3. Kenali Kebiasaan Anda

Begitu anda mengetahui jam tidur anda setiap malam, pastikan anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur anda tidak terlewat. Contoh, Anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam anda sudah tertidur.

4. Hindari Kafein

Kafein menyebabkan Anda sulit mengantuk. Hindari minum kopi pada malam hari agar Anda terhindar dari insomnia.

5. Jangan Makan Berlebihan

Makan malam seharusnya yang ringan saja. Banyakkan makan pada siang hari. Tidur malam akan lebih nyaman jika perut Anda dalam keadaan yang tidak penuh.

6. Atur Lingkungan Tidur Anda

Jika anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

7. Bangun Tanpa Alarm

Dering suara alarm akan membuat Anda kaget dan terbangun. Terbangun dengan cara seperti ini membuat Anda menjadi kurang segar . Jika waktu tidur teratur, maka Anda juga akan memiliki waktu bangun yang teratur pula.

Pembaca yang budiman, mulai hari ini Anda bisa mempraktekkan tips-tips diatas agar tidur Anda lebih berkualitas. Sehingga pada keesokan hari Anda dapat memulai hari dengan lebih segar dan ceria.

Baca Juga :

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here