7 Tips Agar Lebih Bertanggung Jawab – Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab itu bersifat kodrati,artinya sudah menjadi bagian hidup dari manusia bahwa setiap manusia dibebani dengan tangung jawab. Apabila di kaji tanggung jawab itu adalah kewajiban yang harus di pikul sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat.

Setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab, dimana rasa tanggung jawab itu harus disesuaikan dengan apa yang telah kita lakukan. Adapun arti dari tanggung jawab itu sendiri menurut kamus bahasa indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa indonesia adalah berkewajiban memikul,menanggung segala sesuatunya,dan menanggung segala akibatnya.

Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.

Setiap manusia pasti mempunyai tanggung jawab masing-masing. Entah itu di dalam suatu keluarga, masyarakat, bergaul dengan sesama bahkan terhadap diri sendiri  pasti seorang manusia mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing. Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan diri masing-masing untuk memenuhi kewajiban sendiri dan mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.

Juga perlu diketahui bahwa tanggung jawab bukan bawaan lahir. Tetapi, sikap tersebut muncul seiring dengan pertumbuhan seseorang serta pendidikan dan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, saat ini banyak orang yang tidak memupuk rasa tanggung jawab sejak dini.

Padahal sikap ini sangat diperlukan. Bertanggung jawab adalah sifat seorang kesatria, untuk itu berikut adalah tips-tips agar lebih mempunyai rasa tanggung jawab:

  1. Mencintai Diri Sendiri

    Munculnya rasa tanggung jawab khususnya bertanggung jawab pada diri sendiri adalah pembuktian adanya mencintai diri sendiri. Karena dengan bertanggung jawab pada diri sendiri akan  mampu mengetahui, memahami dan melakukan apa yang sepatutnya dilakukan.

    Ya, salah satu kunci untuk membangun kualitas diri adalah dengan membangun sikap tanggung jawab pada diri sendiri. Dengan mencintai diri kita apa adanya maka rasa tanggung jawab untuk menjaga dan mengembangkan potensi akan lebih maksimal, baik secara fisik maupun mental.

    Salah satu contoh bentuk tanggung jawab fisik terhadap diri adalah dengan memaksimalkan usaha merawat diri agar tubuh tampil rapi dan sehat setiap saat. Dengan begitu orang yang disekitar akan merasa nyaman dan senang berada di dekat kita.

    Sedangkan secara mental, rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri akan semakin membuat diri semakin semangat dalam mengembangkan segala potensi. Kita akan belajar dan selalu berpikir positif terhadap apa yang sedang kita hadapi. Adanya rasa tanggung jawab di dalam diri tidak akan menghantarkan pada kata menyerah dan lelah dalam meraih semua mimpi.

  2. Fokus dan Konsisten dengan Membentuk Komitmen Diri

    Hal yang harus dilakukan adalah tetap fokus dan konsisten. Ketika sudah memiliki rencana dan jadwal untuk mengerjakan sesuatu, sebisa mungkin lakukan hal tersebut sesuai dengan jadwal.

    Jangan sekali-kali mengalihkan perhatian terhadap hal yang tidak penting, misalnya bekerja sambil chating dengan teman hingga pekerjaan terbengkalai. Berusahalah untuk tetap fokus dan konsisten sampai pekerjaan tersebut selesai. Baru setelah itu bisa melakukan hal-hal yang di inginkan.

    Karena pada dasarnya rasa tanggung jawab harus dipupuk sejak dini. Sebab, jika rasa tanggung jawab di abaikan, dampaknya akan terasa dikemudian hari. Tidak banyak orang yang menyadari pentingnya rasa tanggung jawab. Masih kerap kita saksikan bagaimana rekan atau mungkin saja diri kita sendiri dengan sadar melalaikan tanggung jawab yang diberikan.

    Entah itu hanya dalam hal memberi makan peliharaan, berangkat sekolah tepat waktu, berangkat kerja tidak tepat waktu ataupun aktivitas merawat tubuh supaya sehat sepanjang hari.

    Perlu dipahami sejak awal, rasa tanggung jawab merupakan kewajiban, bukan hak. Maka dari itu, mulai intropeksi diri dan segeralah berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Menumbuhkan Sikap Disiplin

    Agar menjadi pribadi bertanggung jawab pastikan anda juga menerapkan sikap disiplin. anda harus dapat memahami bagaimana menyelesaikan pekerjaan dan kapan pekerjaanmu bisa dikatakan selesai.

    Sebab hal ini bukan sekedar merasa hebat karena sedang melakukan tugas penting, namun inilah cara Anda bersenang-senang tanpa melupakan tanggung jawab. Dengan mendisiplinkan diri sendiri berarti Anda telah mampu menentukan target dan mencapainya tanpa teralihkan. Maka bisa dikatakan sebagai pribadi yang berkomitmen tinggi dalam mengerjakan pekerjaan.

    Mudahnya, anda bisa kok melakukan hal-hal sederhana supaya semangat disiplin diri terus bergelora. Berikan hadiah untuk diri sendiri setelah berhasil menyelesaikan tugas berat dengan melakukan hal-hal menyenangkan, seperti sekedar pergi keluar untuk menikmati makanan favorit.

  1. Ingatlah Apa Tujuan Akhir yang Igin Anda Capai Untuk Tetap Termotivasi

    Untuk melakukan tes matematika mungkin bukan hal yang menyenangkan, tetapi cobalah membayangkan betapa senangnya mendapatkan nilai “A” untuk pelajaran ini dan betapa besarnya manfaat belajar dalam meraih tujuan Anda menjadi bisnismen.

  1. Tanggapi Umpan Balik dengan Sungguh-sungguh.

    Salah satu aspek agar bisa menjadi orang yang bertanggung jawab adalah bersikap terbuka terhadap kritik dan siap menerima jika seseorang memberikan umpan balik untuk perbaikan. Jika ingin bertanggung jawab dalam belajar, dengarkan guru Anda saat ia memberikan saran perbaikan.

    Jika ingin bertanggung jawab dalam pekerjaan, dengarkan atasan Anda saat ia mengatakan apa yang perlu Anda perbaiki dalam bekerja. Jika teman Anda mengatakan dengan sopan tentang kekurangan Anda, jangan mengabaikannya karena merasa bisa menutupi semuanya.

  1. Jangan Menunda Pekerjaan

    Selain itu, kamu juga perlu untuk membiasakan diri tidak menunda pekerjaan. Memang sih, ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan nanti karena memang belum waktunya untuk selesai.

    Tetapi, selama ada waktu luang untuk mengerjakan hal tersebut sebaiknya kerjakanlah. Semakin cepat selesai pekerjaan, semakin banyak pula waktu yang dimiliki.

    Bukan cuma itu. kamu juga bakalan lebih cepat dalam menggapai tujuan-tujuan yang kamu inginkan karena kamu mengerjakan pekerjaan tersebut lebih cepat daripada seharusnya.

  1. Jangan Menyerah dan Hadapi Kesulitan

    Jika sikap tanggung jawab telah kamu terapkan, jangan lupa kamu perlu juga memahami cara menghadapi semua tantangan hidup. Bahkan jika situasi terburuk menimpamu dan menyebabkan kamu stres, kamu harus tetap konsisten mencari tahu cara memperbaikinya.

    Mengeluh dan menyalahkan orang lain adalah perbuatan sia-sia yang biasa dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Maka kamu harus segera menghindari sikap itu dengan segera mencari solusinya. Justru jika kegagalan menerpamu, cobalah intropeksi diri! Apakah tanggung jawab yang diberikan sudah dikerjakan secara maksimal?

Memperbaiki kesalahan adalah cara yang lebih baik untuk bertanggung jawab. Cara ini bisa dimanfaatkan sebagai pengalaman belajar yang sangat berharga untuk mengubah diri sendiri. Dimasa depan kamu dapat memastikan bahwa dirimu tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Itulah beberapa tips agar Anda lebih mempunyai rasa tanggung jawab. Namun, jika beberapa tips diatas sudah Anda lakukan dan merasa masih kesulitan untuk bisa memiliki sikap tanggung jawab dengan baik. Anda bisa menggunakan Terapi Binaural Beats Taking Responsibility mengapa demikian? Karena dengan menggunakan Terapi Binaural Beats Taking Responsibility yaitu untuk menjadikan diri Anda lebih bertanggung jawab dan menjadikan diri Anda seseorang yang berani menerima kesalahan dan kekurangan atas diri Anda sendiri.

Sikap tanggung jawab yang melekat pada diri Anda akan membuat hidup Anda semakin terarah dan lebih baik. Yuk, tanamkan sikap tanggung jawab mulai dari sekarang!

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here