Perkembangan teknologi dan informasi membuat semuanya dapat mudah dijangkau oleh manusia. Akhirnya manusia dimanja dengan kemudahan dan sesuatu yang instan, tak tertkecuali dalam berbelanja. Jika di zaman sebelum menggilanya gadget, kita datang ke mall atau pasar tradisional untuk membeli pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Namun seiring menjamurnya toko online dan marketplace, cukup dengan sentuhan tangan dari mana saja semuanya bisa didapatkan tanpa perlu keluar rumah.

Dan pada faktanya, semakin hari semakin banyak orang di Indonesia yang merasa lebih nyaman untuk belanja secara online. Mereka semakin menyadari kemudahan dan banyak waktu yang bisa dihemat dengan belanja secara online. Kemudahan transaksi secara online juga didukung oleh koneksi internet yang semakin cepat dan semakin murah. Begitu pula dengan smartphone atau tablet sebagai alat yang semakin hari semakin murah juga. Jadi tidak heran kalau pertumbuhan omset belanja online di Indonesia menunjukkan grafik naik secara tajam.

Nah, sampai di sini mungkin akan muncul pertanyaan di benak Anda

Lebih aman mana belanja di marketplace atau toko online ? atau

Lebih untung mana belanja di marekt place atau toko online ? atau mungkin juga

Lebih baik belanja di marketplace atau di toko online??

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, di sini akan dijelaskan dahulu cara kerja keduanya. Memang, sebagai pembeli yang cerdas, memahami dengan cermat cara kerja marketplace dan toko online sangatlah penting. Karena kemudahan transaksi yang tidak mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung itu juga tak lepas dari peluang penipuan yang merugikan.

Marketplace Dan Cara Kerjanya

Marketplace dalam bahasa sederhananya dapat juga disebut dengan pasar online. Beberapa contoh marketplace yang populer di Indonesia saat ini seperti; Tokopedia, Buka Lapak, Lazada dan elevania.

Pada prinsipnya, marketplace atau pasar online akan mempertemukan banyak penjual dengan banyak pembeli. Marketplace menyediakan tempat, fasilitas dan infrastruktur agar penjual dengan pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi.

Jadi, perusahaan marketplace tidak mempunyai stok produk dan tidak menjual produknya sendiri. Marketplace hanya menyediakan fasilitas dan sistem agar transaksi antara penjual dengan pembeli bisa mudah dilakukan. Lebih lanjut marketplace akan menjadi mediator atau pihak tengah yang memastikan transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli lebih lebih aman. Berikut penjelasannya:

  • Saat pembeli berhasil memilih dan menentukan barang yang dibeli, ia harus melakukan transfer pembayaran ke perusahaan marketplace, bukan transfer ke penjual.
  • Setelah itu, marketplace akan memberitahu ke penjual, bahwa pembayaran sudah diterima untuk pembelian produk A, dan penjual diminta untuk segera memproses dan mengirimkan paket barang ke alamat pembeli.
  • Setelah barang diterima pembeli maka pembeli bisa konfirmasi bahwa barang sudah diterima atau secara otomatis sistem mendeteksi melalui resi pengiriman bahwa barang sudah diterima
  • Setelah itu, barulah perusahaan marketplace mentransfer pembayaran ke si penjual.

Konsep cara kerja marketplace ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat di Indonesia yang memang relatif sebelumnya tidak terlampau percaya dengan belanja online yang dianggap banyak terjadi penipuan.

Oleh sebab itulah konsep marketplace berkembang pesat di Indonesia, ditunjukkan dengan perkembangan jumlah penjual dan jumlah pembeli di berbagai marketplace yang populer.

Lalu Apa Kelebihan Belanja di Marketplace??

Ketika barang sampai dan Anda merasa barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan tidak sesuai yang Anda cari, bisa komplain dan barang dikembalikan ke penjual dan uang dikembalikan ke Anda sepenuhnya

Berbelanja di marketplace tentunya mempunyai kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

Pertama, uang yang anda bayarkan belum bisa diterima penjual sampai anda menyatakan proses pembelian selesai. Ketika barang sampai dan Anda merasa barang tidak sesuai dengan deskripsi, bahkan tidak sesuai yang Anda cari, bisa komplain dan barang dikembalikan ke penjual dan uang dikembalikan ke Anda sepenuhnya.

Ke dua, proses belanja lebih cepat. Jika anda punya saldo di Tokopedia misalnya, tinggal klik dan otomatis proses belanja selesai.

Dan ke tiga, semua bisa dilayani oleh mesin. Sehingga Anda tidak perlu lama menunggu orang yang ada ajak transaksi yang mungkin sedang sibuk atau tidak sedang online.

Lalu apakah belanja di marketplace paling aman? Belum tentu.

Kekurangan Belanja di Marketplace

Berikut adalah kasus-kasus yang sering terjadi.

  • Persaingan yang tidak wajar sering terjadi akibat banyaknya penjual dengan barang yang sama/sejenis. Untuk bisa menetapkan harga murah, tak segan-segan penjual akan menjual barang KW. Hal ini jelas akan merugikan pembeli.
  • Kemudahan menjual barang di marketplace tanpa harus membangu brand juga rentan akan penjualan barang-barang palsu.
  • Pembeli tidak akan mendapatkan edukasi yang cukup karena penjual hanya fokus menjual.
  • Kurangnya interaksi antara penjual dan pembeli.
  • Sulitnya mendaptkan gambaran gambaran detail tentang barang yang tidak biasa dipakai pembeli atau dipakai secara umum. Bahkan bisa jadi pembeli mendapatkan barang palsu api tidak tahu karena tidak bisa membandingkannya dengan yang asli.
  • Penjual di marketplace belum tentu mempunyai toko online sendiri, padahal belum dikatakan penjual online kalau belum punya toko online atau website sendiri.

Bagaimana Dengan Toko Online?

Satu hal yang harus didapatkan pembeli saat berbelanja adalah kepuasan. Belanja secara online rentan sekali dengan penipuan dan barang-barang palsu yang tak sesuai dengan yang diinginkan pembeli atau diiklankan penjual. Jika resiko pemalsuan belum bisa diminimalisir sudah selayaknya pembeli lebih berhati-hati dan waspada.

Jika dibandingkan dengan marketplace, toko online lebih minim kemungkinannya penjual melakukan penipuan. Hal ini paling tidak dikarenakan menjaga reputasi atau nama baik toko online adalah hal yang utama bagi pemilik toko online. Mengingat membangun toko online tidaklah mudah, perlu keahlian. Mulai dari desain, coding, komunikasi lisan dan yang terpenting komunikasi tulisan agar toko online bisa menang di keyword google butuh ketekunan tersendiri.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang cenderung memilih jualan di marketplace atau bahkan media sosial. Tingkat kesulitan yang lebih tinggi dalam faktor dan kendala teknis membangun toko online yang tidak dimiliki sembarang orang, butuh ketekunan dan keahlian khusus.

Demikianlah satu kelebihan belanja di toko online dibandingkan di marketplace. Selain itu, Anda bisa cermati berikut ini:

Kelebihan Belanja di Toko Online

 

Kesediaan toko online memberikan solusi jika ada masalah apapun yang ditemui pelanggannya adalah nilai plus tersendiri. Bahkan ada beberapa situs yang jika Anda tidak puas, padahal pembelian sudah terjadi berminggu-minggu yang lalu, Anda bisa komplain uang kembali. Satu hal yang tidak akan ditemukan jika belanja di marketplace.

  • Belanja online akan lebih mantab jika di toko online, karena penjual benar-benar membangun atau memiliki website toko online. Tidak disebut penjual online jika hanya bergantung sepenuhnya pada tempat atau website orang lain (Facebook, Marketplace, Forum, dan lain-lain).
  • Kualitas barang lebih dapat dipercaya karena penjual toko online biasanya punya produk sendiri, atau kerjasama dengan produsen secara lebih khusus.
  • Pembeli akan mendapatkan cukup edukasi dan pemahaman yang utuh. Karena toko online yang terpercaya didukung banyak artikel yang mendeskripsikan barang yang dijual dan memberikan edukasi terkait kepada calon pembeli.
  • Penjual toko online yang baik tidak hanya menjual barang tapi berusaha menjadikan pembeli sebagai mitra atau klien. Penjual mengedukasi pengunjung dengan banyak artikel-artikel yang mendidik, ada sosial media untuk bergabung sehingga setalah transaksi selesai hubungan anda dan penjual masih tetap terjalin.
  • Kesediaan toko online memberikan solusi jika ada masalah apapun yang ditemui pelanggannya adalah nilai plus tersendiri. Bahkan ada beberapa situs yang jika Anda tidak puas, padahal pembelian sudah terjadi berminggu-minggu yang lalu, Anda bisa komplain uang kembali. Satu hal yang tidak akan ditemukan jika belanja di marketplace.
  • Situs yang jelas dan mudah diingat menjadikan Anda lebih mudah untuk belanja kembali di toko online tersebut.
  • Menjual di toko online ibarat jualan di toko, bukan di pasar, sehingga rebutan pembeli bisa diminimalisir, sehingga penjual lebih bisa meningkatkan kwalitas barang yang mereka jual. Siapa yang untung? Tentunya pembeli yang bisa mendapatkan barang dengan kualitas terbaik.
  • Sangat cocok untuk belanja barang-barag yang tidak sering dipakai banyak orang, dan sangat cocok pula untuk berlangganan. Namun kurang cocok untuk belanja barang-barang yang sudah dipakai banyak orang seperti sepatu, tas, dan lain-lain.

Kekurangan Belanja di Toko Online

Berbagai kelebihan telah Anda simak sebagaimana di atas. Meskipun demikian kekurangan belanja di toko online tetaplah ada. Seperti:

  • Anda harus sabar jika saat menelphone tidak diangkat atau sms/chat Anda lama tidak dibalas. Maklum pelayanan yang dilayani manusia, bisa jadi saat itu penjual atau costumer service-nya sedang mengerjakan urusan lain atau sedang melayani pelanggan yang lain.
  • Anda tidak akan menerima barang yang Anda beli sebelum konfirmasi pembayaran ke penjual.

Setelah membandingkan keduanya, tentunya Anda sudah dapat jawaban mau belanja dimana baiknya. Dengan melihat apa yang Anda butuhkan dan ingin Anda beli, keputusan Ada di tangan Anda. Baik Toko Online atau Marketplace semuanya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jika belanja di marketplace belanjalah dimarketplace yang direkomendasikan toko online.

Dengan kata lain, utamakan Toko Online karena alasannya yang jelas, yaitu banyaknya penjual dimarketplace yang jualan dengan harga yang tidak wajar. Bahkan produk-produk kami pun tak lepas dari pemalsuan yang dilakukan banyak penjual di marketplace juga.

Sekali lagi, belanjalah ditoko online dan hanya dimarketplace yang di rekomendasikan toko online.

Berikut adalah marketplace rekomendasi kami yang menjual produk-produk cara-tips.com:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here