Berat badan ideal – Orang yang merasa nampak pendek dibandingkan teman-temannya tentunya inginkan tambah tinggi badannya. Orang kurus kerempeng juga akan berusaha bagaimana caranya agar bisa bertambah berat badannnya dan kelihatan lebih gagah dan berisi. Begitupun juga dengan orang yang merasa gemuk dan kegemukan, dia cenderung tidak percaya diri dengan penampilannya sendiri. Akhirnya berusaha menurunkan berat badannya dengan cara-cara yang bisa ia tempuh.

Setiap orang mempunyai ukuran ideal berat badan hingga menjadikan ia nyaman dengan ukuran tersebut. Meskipun di mata orang terlihat kurus atau gendut, tak jarang orang tetap percaya diri dengan apa yang ia miliki.

Namun, standar kesehatan mempunyai ukuran tersendiri dalam menentuakan ideal berat badan. Setidaknya ada dua rumus yang dipakai dalam menentukan ukuran berat badan apakah ideal, kurus, gemuk, atau bahkan masuk kategori obesitas. Kedua rumus yang kerap jadikan referensi itu adalah rumus BMI (body mess index) serta Brocha. Kedua rumus itu sangatlah umum jadikan alat kalkulasi tubuh ideal.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Tepat sekali, jika saat ini Anda termasuk orang sedang gelisah memikirkan berat badan apakah sudah masuk kategori ideal atau belum? Anda bisa mencoba menghitung menggunakan kedua jenis rumus di atas. Cara hitungnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa dilakukan sendiri.

(1) Menggunakan Rumus BMI

Rumus BMI (Body Mass Index) atau biasa juga disebut IMT (Indek Massa Tubuh) adalah perhitungan kalkulasi yang mendasarkan pada tinggi dan berat badan anda yang pada akhirnya digunakan untuk mendeteksi derajat badan anda apakah tergolong kurus, berat badan ideal, gemuk maupun obesitas.

Rumus ini memadukan perhitungan antara tinggi dan berat badan seseorang. Sehingga hasilnya akan menjadi berat badan ideal orang tersebut. Berukut ini rumusnya:

Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi badan x Tinggi badan)

Sebagai Contoh:  Berat badan anda 50 kg : (1,68 m x 1,68 m) = 45 : 2,82 = 17,0 adalah Nilai BMI anda.

Hasil dari rumus perhitungan BMI telah memiliki kriteria/kategori dari badan kesehatan dunia (WHO) dan mereka telah menetapkan kriteria tersebut sebagaimana dilansir. Berikut ini nilai yang ditetapkan:

  • Standar BMI Untuk Wanita
Nilai BMI Kategori
BMI < 18 Under Weight/Kurus – Sebaiknya mulai menambah berat badan dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
BMI 18 – 25 Normal Weight/Normal – Bagus, berat badan anda termasuk kategori ideal
BMI 25 – 27 Over Weight/Kegemukan – anda sudah masuk kategori gemuk. sebaiknya hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan olahraga seminggu minimal 2 kali
BMI > 27 Obesitas – Sebaiknya segera membuat program menurunkan berat badan karena anda termasuk kategori obesitas/ terlalu gemuk dan tidak baik bagi kesehatan
  • Standar BMI Untuk Pria
Nilai BMI Kategori
BMI < 17 Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23 Normal Weight/Normal – Selamat berat badan anda termasuk ideal
BMI 23 – 27 Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27 Obesitas – Warning, sebaiknya memulai program menurunkan berat badan agar lebih ideal.
(2) Menggunakan Rumus Brocha

Rumus kedua untuk mengetahui berat badan ideal adalah dengan menggunakan rumus brocha. Berikut dibawah ini akan kita ulas cara menggunakan rumus brocha untuk berat badan ideal anda.

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal wanita

Berat wanita ideal = (Tinggi badan – 100) – (15% x (Tinggi badan – 100))

Contoh kalkulasinya pada wanita yang memiliki tinggi badan 167 cm, berapakah berat idealnya: (167 – 100) – (15% x Tinggi badan – 100) = 67 – (15% x 67) = 67 – 10,5 =  56.5 Kg

Maka berat badan ideal wanita dengan tinggi 167 cm adalah 56,5 kg

NB: Prosentase 15% bisa diubah jadi 10% dengan syarat jika wanita tersemut merasa sangat sehat dan sangat bugar.

Rumus Brocha untuk menghitung berat badan ideal pria

Berat pria ideal = (Tinggi badan – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100))
Contoh kalkulasinya jika diterapkan pada pria dengan tinggi badan 175 cm, berapakah berat idealnya: (175 – 100) – (10% x (Tinggi badan – 100)) = 75 – (10% x 75) = 75 – 7,5 = 67.5 Kg

Maka berat badan ideal pria tersebut menurut rumus brocha adalah 67.5 kg

Kedua rumus di atas bisa anda jadikan acuan sebagai cara menghitung berat badan ideal anda. Pentingnya mengetahui berat ideal tersebut tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan anda. Karena seperti kita ketahui jika berat badan berlebihan itu tdaik baik buat kesehatan demikian juga sebaliknya bagi yang kurang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Cepat

Banyak hal yang bisa ditimbulkan oleh berat badan berlebih. Selain mengurangi rasa percaya diri, mengganggu kesehatan, juga akan mempengaruhi kehidupan seksual Anda. Maka Agar bisa cepat mengembalikan berat badan menjadi ideal, yang perlu Anda lakukan adalah; memperbaiki pola makan, lebih rajin berolah raga, menjaga kualitas tidur, dan minum Q~Slim.

Apa Itu Q~Slim ?

Q~Slim adalah kapsul herbal yang diformulasikan membantu menurunkan berat badan Anda. Obat pelangsing alami terbaik Q~Slim merupakan Obat herbal pelangsing yang tebuat dari 100% bahan alami tanpa campuran bahan kimia sedikitpun sehingga sangat aman bagi kesehatan tubuh. Dalam setiap kapsul Q~Slim mengandung: Zingiber montanum 500 mg.

Apa lagi yang akan Anda rasakan jika anda memiliki tubuh ideal, selain merasa lebih bahagia, percaya diri, lebih sehat, dan semakin banyak yang melirik. Ya., tentunya segudang hal-hal positif akan Anda miliki dengan memiliki tubuh ideal.

Yang harus diperhatikan adalah selama Anda mengkonsumsi Q~Slim, Anda dianjurkan untuk;
memperbanyak minum air putih, menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti: kopi, teh, coklat, dan lain-lain. Selain itu, ibu hamil dan menyusui DILARANG minum QSlim. Dan juga bagi pengidap penyakit akut atau masih dibawah pengobatan dokter, silahkan konsultasi dulu ke dokter.

Buktikan jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas, QSlim mampu menurunkan berat badan 4-8 kg/bulan. Namun, sedikit banyaknya penurunan berat badan ini tergantung berat badan awal, keteraturan minum & pola makan dan kemampuan metabolisme tubuh masing -masing. Oleh sebab itu, meski Q~Sim bekerja dengan baik untuk menurunkan berat badan Anda, tetaplah diet dengan teratur dan olahraga. Selamat mencoba.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here