Mengatasi Galau – Galau adalah sebuah sebutan untuk menggambarkan kondisi perasaan yang gundah gulana, bingung, dan gelisah. Keyika seseorang bearada pada suasana galau pasti tidak jauh dengan gelisah.

Galau itu tidak bisa di bayangkan, namun bisa dirasakan dan kehadirannya seolah-olah terjadi akibat adanya gesekan antara kenyataan dan keinginan yg mendorong hasrat untuk tetap tegar walau sebenarnya hancur akibat serangan keinginan yang tak tecapai atau keadaan yang tidak diinginkan.

Kondisi buruk ini kerap kali menimpa mereka yang sedang putus cinta, atau cintanya ditolak, misalnya.Atau bisa juga karena kehilangan pekerjaan, mendapatkan cemoohan, dibully orang-orang sekitar, karir yang tak kunjung sukses dan lain sebagainya.

Tentunya tidak enak bukan ketika galau itu datang? Bahkan galau itu berbahaya jika tidak segera di atasi. Penderita akan merugi jika tak segera temukan solusi. Galau bisa memperburuk kualitas hidup. Galau juga membuat Anda bisa kehilangan semangat. Ketika semangat Anda hilang, apa yang akan Anda hasilkan?

Untuk itu galau harus segera diatasi. Dan, meskipun galau kerap kali datang menimpa hidup, ada banyak cara untuk mengatasinya.Berikut cara mengatasi atau menghilangkan galau yang bisa Anda lakukan:

1. Cari penyebab kegalauan Anda

Kadang kala kita merasa perasaan yang buruk itu datang tiba-tiba tanpa ada penyebabnya. Tapi pada hakikatnya, setiap perubahan suasana hati pastinya ada stimulus perubahan tersebut. Dan biasanya yang tidak kita ketahui adalah permasalahan-perasalahan kecil yang menumpuk hingga nampak besar, atau bisa juga akibat berfikir terlalu mendalam.

Maka ketika terperangkap dalam suasana hati yang buruk, cobalah cari penyebab suasana hati tersebut. Dengan mencari penyebab galau yang menimpa Anda, maka akan lebih mudah mengendalikannya. Baru kemudian, lawan atau selesaikan masalah yang sebenarnya ada.

Misalnya ketika galau itu datang akibat terlalu memikirkan sesuatu secara mendalam, maka cara mengatasinya adalah dengan mengurangi kedalaman fikir atau menyederhanakan cara berfikir dengan melakukan langkah-langkah positif.

2. Batasi menyalahkan diri sendiri

Banyak orang yang terlalu larut dalam kegalauan dengan selalu saja menyalahkan diri sendiri. Parahnya, karena terlalu merasa bersalah ada yang rela bunuh diri.Sungguh kebodohan yang berlipat.

Semua yang terjadi ini hanya sebatas permasalahan di dalam pengalaman hidup, sebab hidup itu tidak hanya tentang bahagia. Susah, senang, bahagia, merana, semuanya adalah putaran hidup yang harus dijalani manusia.

Setiap manusia adalah makhluk yang memiliki kelebihan masing-masing. Kurang tepat kalau selalu menyalahkan diri sendiri hingga membunuh semangat untuk memperbaiki kualitas hidup.

3. Jauhkan pendengaran dari lagu-lagu sedih/galau

Mendengarkan lagu melo dan galau saat sedih bukanlah cara mengatasi galau, justru semakin menambah galau dan sedih. Namun, hampir semua orang diseluruh dunia kalau galau malah mendownload lagu-lagu yang berirama sedih atau yang di cerita lagunya senasib sama mereka, TAPI ITU MERUPAKAN KESALAHAN YANG BESAR.

Dengan mendengarkan lagu galau akan semakin menambah kegalauan Anda. Anda akan semakin merasa didukung bahwa kegalauan Anda adalah kebenaran yang harus Anda jaga. Dan itu semakin mempertahankan Anda dalam kondisi buruk dalam hidup Anda.

4. Pahami bahwa stelah diuji, Anda akan naik level

Semua permasalahan yang Anda hadapi itu adalah ujian dari Tuhan jika Anda memang menempatkan Tuhan di atas segalanya, khususnya masalah Anda. Sebesar apapun masalah yang Anda hadapi, Tuhan Mahabesar. Maka bersikaplah sebagai hamba Tuhan yang tenang karena bersama Dzat Pemberi yang tak pernah kehabisan pemberian atas apa yang Anda butuhkan.

5. Jangan lari, hadapi, tundukkan, dan pecahkan masalah Anda

Masalah datang bukan untuk dihindari, tapi untuk dihadapi, ditundukkan dan dipecahkan dengan berbagai solusi yang menyertainya. Lari dari masalah adalah masalah tersendiri. Dan itu akan semakin membuat Anda galau lebih lama. Saat Anda lari masalah Anda, itu akan membuat Anda terus membayangkannya karena tidak ada penyelesaian.

Sebaliknya, ketika Anda menghadapinya, masalah yang membuat galau itu akan mendapatkan penyelesaian atau jalan keluar. Dengan ditemukannya penyelesaian, maka kepuasan akan datang dan tak jarang masalah itu akan menjadi kenangan dan bahan tertawaan nantinya.

6. Mengatasi galau dengan merasa beruntung

Orang galau kok malah harus merasa beruntung ? Karena dengan kegalauan, Anda telah memiliki satu pengalaman yang hebat dalam dunia percintaan, misalnya. Dan ketika nantinya menghadapi permasalah yang sama, maka Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikannya. Karena beruntung itu bukan hanya mendapatkan kebahagiaan, tetapi juga bagaimana proses menuju kebahagiaan.

7. Terbukalah, jangan menutup diri, dan bermusyawarahlah

Cara ini merupakan hal yang lumayan kuat untuk mengatasi galau. Pandangan dan pemikiran orang-orang terdekat Anda akan membuat kegalauan menjadi pudar.

Namun ingat, setelah pikiran rileks/nyaman, hadapilah dengan segera masalah yang membuat sobat galau. Teman baik dapat membantu menyelesaikan masalah dan memberikan kita kesibukan yang bermanfaat. Jadi, gunakan kesempatan itu dengan baik. Namn perlu diingat jangan sampai salah gaul dengan teman yang salah.

8. Perbanyak Ibadah dan Berdo’a kepada Tuhan

Segala permasalahan yang didatangkan Tuhan akan membuat kita menjadi lebih dewasa dalm menghadapi kehidupan ini. Namun harus diingat, bahwa usaha tanpa do’a = 0. Tidak ada jalan terhebat dalam mengatasi kegalauan melebihi pendekatan kepada Tuhan.

9. Bersibuk ria dengan aktifitas yang bermanfaat

Ketika kita melakukan beberapa hal yang dianggap menyenangkan dan bermanfaat, misal hobi, kita akan lupa segala masalah yang mendala kita, jadi lakukanlah itu sesering mungkin. Jadi kalo suka shopping yang shopping terus, kalau suka main game ya maen game terus, kalau suka nonton ya nonton dll. Tapi yang paling penting lakukan itu bersama orang yang dianggap asyik.

10. Jika masih tidak bisa, Anda bisa coba datang ke psikolog atau hipnoterapis

Beberapa orang galau jika membaca artikel diatas cuman bilang “Kalo ngomong doank mah gampang”, nah itulah pernyataan keputus asaan tingkat tinggi,, coba dulu lah,,. Tetapi jika memang sudah dijalankan tapi masih galau melulu, Anda bisa pergi ke psikolog atau hipnoterapis untuk mengatasi galau yang Anda derita. Di hipnoterapis/psikolog nanti Anda bisa menghilangkan rasa galau, sakit hati, dilema dan lain-lain.

Itulah yang bisa Anda lakukan ketika galau menyerang. Jika tidak segera diatasi, galau akan membuat hidup merugi.selamat berjuang menuju kesuksesan.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here