Cara Jitu Menghadapi dan Menyelesaikan Masalah -Selama menjalani hidup di dunia ini, manusia tidak akan pernah lepas dari berbabgai macam masalah. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang tersulit, mulai yang paling kecil sampai yang terbesar. Manusia harus bisa menghadapinya dan menyelesaikannya.

Ketidakmampuan manusia menghadapi masalah akan menjadi tanda bahwa ia akan sulit berkembang karena tidak mau belajar. Karena sebenarnya tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi. Masalah yang hadir tidak lepas dari hikmah yang harus bisa dipetik dan menjadikan manusia semakin dewasa dalam berfikir dan bijak dalam bersikap.

Masalahnya adalah, ketika seseorang itu dihadapkan masalah, tak jarang perasaan gugup dan cenderung putus asa lebih dahulu menguasai dirinya. Sehingga yang muncul adalah masalah semakin besar, sulit teratasi dan dia tidak bertambah bijak dalam menghadapi hidup ini.

Menyelesaikan Masalah Dengan Bijak

Fenomena yang demikian inilah yang membuat penulis tertarik untuk berbagi coretan kepada pembaca yang budiman tentang bagaimana cara yang baik dan tepat untuk dapat menyelesaikan masalah. Setidaknya di sini akan dijabarkan lima poin cara yang dapat pembaca semua ikuti.

1. Menyelesaikan Masalah Dengan Tetap Berpikir Positif

Mungkin di benak Anda mendadak bertanya, Apakah berpikir positif akan mengatasi masalah? Apakah tidak punya beras bisa diatasi dengan hanya berpikir positif?

Tapi ternyata jawabannya, Ya. Yup, tentu saja. Seseorang akan bertindak mencari solusi jika dia memiliki pikiran positif. Orang yang berpikiran negatif akan cepat mengeluh dan menyerah sehingga tidak akan mendapatkan solusi.

Untuk mengatasi masalah, langkah pertamanya ialah tetaplah optimis bahwa Anda akan mampu mengatasi masalah tersebut. Ini adalah langkah awal yang penting. Saat Anda mengatakan Anda bisa mengatasi masalah, maka hati, pikiran, emosi, dan tubuh Anda akan bekerja selaras untuk mengatasi masalah.

Jika Anda berpikiran negatif, merasa masalah tidak mungkin dipecahkan, maka tidak akan lagi usaha untuk memecahkan masalah tersebut. Padahal, sebesar apa pun masalah Anda, Anda sanggup untuk mengatasinya.

Jika Anda melihat masalah yang Anda hadapi terlihat tidak mungkin untuk dipecahkan, artinya Anda perlu meningkatkan pola pikir Anda. Bukan masalah yang terlalu berat, tetapi cara berpikir Anda yang masih terlalu sempit. Anda perlu membebaskan pikiran sempit itu.

2. Berpikirlah Kreatif Untuk Menyelesaikan Masalah Anda

Berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide-ide baru. Ide-ide tersebut diperlukan untuk memecahkan masalah Anda. Jika satu ide tidak berhasil, maka carilah ide lain, dan seterusnya. Jadi, agar Anda tangguh menghadapi masalah apa pun yang datang, Anda perlu berpikir kreatif.

Bagaimana agar kita berpikir kreatif? Kuncinya ialah informasi, berpikir mengolah informasi, dan terbuka terhadap hal-hal baru. Anda pun bisa jenius, Anda pun bisa berpikir kreatif, dan mampu menghasilkan ide-ide cemerlang untuk mengatasi masalah Anda.

3. Miliki Motivasi Untuk Bertindak dan Menyelesaikannya

Setelah Anda memiliki ide untuk mengatasi masalah, langkah berikutnya ialah mengambil tindakan untuk menerapkan ide tersebut. Ide akan percuma jika tidak Anda aplikasikan. Untuk itu Anda perlu terus mempertahankan motivasi agar terus bertindak sampai masalah Anda terselesaikan.

4. Jangan Ada Kata Putus Asa Untuk Menyelesaikan Masalah

Dengan berputus asa berarti Anda gagal dalam ujian. Ibarat anaka sekolah dia tidak naik kelas dan harus mengulangi ujian serupa. Karena sering kali masalah itu tidak mudah untuk diselesaikan dan membutuhkan waktu lama bahkan bertahun-tahun. Ini menjadi tantangan emosional untuk mencari solusi instan karena ketidaksabaran dan kemalasan kita. Padahal, ketika kita berfikir jernih, masalah itu memang membutuhkan waktu untuk diselesaikan.

5. Mintalah Pertolongan Kepada Yang Maha Kuasa

Keberadaan manusia di dunia ini adalah atas kehendak-Nya. Juga masalah yang menimpa manusia adalah atas kiriman dan kuasa-Nya. Di bawah segala keMaha-Agungan-Nya manusia sangat membutuhkan pertolongan-Nya dalam menghadapi setiap masalah di dunia ini. Maka jangan segan-segan untuk meminta pertolongan kepada-Nya. Dia akan menolong Anda jika Anda benar-benar serius meminta dan mengikuti arahan-arahan-Nya.

Jika masalah yang datang itu cukup memberatkan Anda, sehingga Anda harus menggunaka kesabaran ekstra. Maka mintalah pertolongan-Nya. Mengikuti para salafus shalih, selain meminta dan memohon, beliau-beliau senantiasa melafalkan kalimah-kalimah thoyyibah, shalawat, dzikir, hizib dan sebagainya sebagai sarana yang membantu terkabulnya do’a.

Dengan mengikuti langkah menyelesaikan masalah di atas, niscaya masalah apapun bisa diatasi. Karena sebagaimana penyakit yang selalu disertai obat, tiada masalah yang tanpa disertai solusi. semoga keksuksesan menyertai kita semua. Aaamiin

Jangan Sampai Ketinggalan:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here