Cara Mudah Mengembalikan Konsentrasi – Kosentrasi sangat penting dalam mengerjakan pekerjaan apapun. Dengan konsentrasi dan fokus pada permasalahan, seseorang akan mampu melalui masalah dan memberikan solusi dengan baik. Maka tidak heran, jika tak jarang suatu pekerjaan terbengkalai bahkan hancur berantakan karena hilangnya konsentrasi pelakunya.

Beberapa hal disinyalir sebagai penyebab hilangnya konsentrasi. Seperti jika suatu masalah yang datang kepada seseorang hingga membuatnya gelisah berlebihan. Hal itu akan menjadikan dia tidak fokus pada apa yang kerjakan bahkan difikirkan.

Sebab lain yang juga divonis sebagai perusak konsentrasi adalah jenuh. Ketenangan dan konsentrasi berfikir dengan waktu yang cukup lama juga dapat mendatangkan kejenuhan. Dengan kata lain, misalnya kesibukan seseorang di balik meja kerja tanpa olah raga bukanlah hal yang baik dan dapat mengurangi ketajaman konsentrasi.

Atau juga jika semangat Anda mengerjakan banyak tugas atau pekerjaan hingga menjadikan Anda super sibuk juga dapat membuat Anda tidak fokus. Jika dilihat memang Anda sangat semangat, tapi perlu Anda sadari, terlalu sibuk mudah sekali membuat Anda menjadi pelupa dan turun konsentrasi dari fikiran Anda.

Jika mau jujur, ketiga alasan di atas mudah sekali ditemui. Ini berarti bahwa masalah buyarnya konsentrasi rentan dialami oleh banyak orang, termasuk penulis dan pembaca sendiri.

Di sini akan dibocorkan tips untuk mengatasi hal ini. Cara mudah mengembalikan konsentrasi yang menurun bahkan hilang sangat penting dikuasai oleh Anda yang pekerja kantor, pelajar, mahasiswa, dan siapa saja Anda yang inginkan target kesuksesan untuk Anda gapai. Anda harus bisa cepat fokus dan konsentrasi kembali.

1. Berikan Hak Kesenangan Untuk Diri Sendiri

Ditengah sekian banyak tugas dan tanggung jawab Anda sebagai ‘manusia’, Anda perlu senang dan bahagia. Luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang bagi Anda menyenangkan untuk melupakan sejenak segala tekanan yang membuat Anda khawatir, stres dan tertekan.

Sebuah studi pada 2009 menyatakan bahwa istirahat sejenak dari hal-hal yang membuat Anda khawatir dapat membuat Anda merasa lebih termotivasi dan mengembalikan konsentrasi Anda

2. Kontrol Kebugaran Badan

Jika kebetulan aktifitas atau pekerjaan Anda banyak duduknya dan tidak beranjak dari kursi, mulailah mengatur jadwal aktivitas kardio (seperti jalan kaki atau bersepeda).

Setidaknya 30 menit sehari dan dilakukan 5 kali dalam seminggu cukup menyeimbangkan kebugaran tubuh Anda. Jika Anda bisa menggandakannya menjadi satu jam per hari maka ketajaman konsentrasi yang Anda dapatkan bisa lebih maksimal.

3. Selektif Berkegiatan

Mulailah memilih kegiatan mana yang lebih penting dan kegiatan mana yang tidak terlalu penting lalu tinggalkanlah beberapa kegiatan yang tidak penting. Selain mengurangi konsentrasi dan membuat mudah lupa, kegiatan kurang penting akan menyia-nyiakan umur Anda. Hidup cuka sekali, sayang jika diisi dengan kegiatan yang kurang berarti.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Dehidrasi ringan dapat mengurangi konsentrasi dan bikin kepala pusing. Karena, otak dipaksa bekerja keras untuk fokus secara maksimal. Padahal, otak 80% terdiri atas air sementara sisanya sel dan jaringan. Oleh sebab itu, otak memerlukan banyak air untuk bisa menjalankan fungsinya.

5. Mandi

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa mandi dengan baik dapat menghilangkan penat dalam diri. Mandi juga bisa dilakukan dengan mengggunakan air dingin maupun air hangat, disesuaikan dengan selera, kebiasaan dan kndisi tubuh Anda. Karena dengan mandi tubuh akan jadi lebih bersih dan segar sehingga siap untuk kembali beraktivitas.

6. Berpikir Positif

Cara untuk mengembalikan konsentrasi kembali, bisa dicoba dengan cara berpikir positif atau mengingat kembali banyak hal positif yang pernah terjadi dalam hidup Anda. Dengan memikirkan hal positif yang pernah terjadi, bisa menjadi semangat dan juga motivasi untuk kembali bangkit dari masalah yang sedang dihadapi. Selain itu berpikir positif juga bisa membuka potensi lain dalam diri kita.

7. Dapatkan Tidur Berkualitas

Tidur yang berkualitas akan mempengarui tingkat konsentrasi Anda. Kekurangan tidur akan menurunkan daya fikir otak saat beraktifitas. Idealnya orang dewasa memerlukan waktu 7-9 jam sehari untuk tidur. Jika waktu tersebut disediakan secara optimal digunakan untuk istirahat dengan maksimal (tidur nyenyak) akan dapat memperkuat fungsi-fungsi kognitif.

Untuk mendapatkan tidur yang berkualitas ? Dapat diintip di 7 Langkah Memperbaiki Kualitas Tidur

Fokus dan konsentrasikan diri Anda untuk mencapai target dan menyelsaikan masalah yang Anda Hadapi dalam hidup ini. Ini adalah salahsatu cara untuk menjadikan diri lebih baik dan berkualitas.

Baca Juga:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here