Cara Tips Menghindari Lilitan Hutang – Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Slogan yang terkenal itu banyak diperdengarkan agar orang-orang menghindari pola hidup yang mendatangkan penyakit. Namun tahukah Anda, terlilit hutang ternyata juga masuk pada penyakit yang tidak diinginkan oleh banyak orang. Kenapa demikian, terlilit hutang akan membuat makan tidak enak, tidur tidak nyenyak dan hilang kenyamanan bergaul di masyarakat.

Hutang bukanlah suatu terlarang yang harus dihindari ketika seseorang kepepet dan sangat membutuhkan uang. Dalam situasi ini hutang adalah sebuah solusi utnuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun ketika hutang itu telah menumpuk dan sudah serasa sangat berat untuk mengembalikan, apalagi jika nominalnya diatas puluhan juta, maka akibat-akibat sebagaimana disebutkan di atas akan mendera orang-orang yang berhutang.

Faktanya, jika kebiasaan berhutang ini sudah melekat pada diri seseorang, maka menjadi sulit melepaskan diri dari jerat utang di saat pendapatan tak bisa menutupi kebutuhan. Sebelum Anda merasa dompet sudah jebol karena tumpukan utang, lebih baiak Anda mulai sekarang berpikir untuk bisa hidup bebas hutang. Memang untuk bisa hidup tanpa dikejar utang dan cicilan memang tidaklah mudah. Tapi dengan tindakan yang tepat, hal ini bisa dilakukan oleh semua orang.

Menghindari Lilitan Hutang Dengan Langkah Pencegahan

Lalu bagaimanakah caranya bisa hidup bebas hutang ? langkah berikut dapat jadikan referensi jika ingin mengurangi resiko terlilit hutang

1. Jangan Lupa Menabung

Mulailah dari sekarang menabung. Sisihkan dari setiap pendapatan Anda sebelum Anda salurkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Tidak mudah memang untuk bisa membuat tabungan dalam jumlah yang besar. Tapi, hal ini harus Anda lakukan apabila ingin bisa hidup terbebas dari tagihan dan utang.

Mulailah dengan membuat anggaran tiap bulan dari pendapatan yang didapat, setelah itu baru mengalokasikan pendapatan yang dimiliki dengan tepat. Dengan memiliki tabungan yang cukup bebsar, kebutuhan yang mendadak dan diluar anggaran akan segera bisa terpenuhi tanpa Anda harus keluar mencari pinjaman.

2. Jauhi Kreditan

Membeli barang dengan sistem angsuran berarti menempatkan diri Anda sebagai penghutang yang setiap bulan harus membayar. Ruginya lagi, ketika ditotal hasil angsuran Anda yang mencapai dua sampai tiga tahun itu ternyata jumlahnya bisa dua kali lipat dari pembelian kontan.

Maka jika ingin menghindari lilitan hutang, berhentilah dan jauhkan segala urusan niaga yang dinamakan ansuran, installment, beli dulu bayar kemudian, skim bayaran mudah dan sebagainya. Kalau terpaksa berhutang, itu berarti belum mampu membeli barang itu. Lebih baik simpan dulu duit sampai cukup, baru membeli barang itu.

3. Utamakan Kebutuhan

Cermatlah dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan untuk menghindari lilitan hutan. Agar tak terjebak gaya hidup konsumtif, pastikan Anda tahu apa saja yang ingin dibeli saat berbelanja. Jangan lupa untuk hanya membeli barang-barang yang memang Anda butuhkan. Menuruti keinginan hanya akan membuat kantong cepat kempes.

4. Mencari Pendapatan Sampingan

Kebutuhan yang semakin hari semakin bertambah dan tidak terduga sebelumnya tak jarang akan memaksa Anda berhutang. Jika pendapatan sekarang telah mencukupi kebutuhan yang telah dianggarkan maka perlu juga Anda mencari pendapatan sampingan untuk hal-hal yang diluar dugaan.

Selain itu hal ini juga menunjang tabungan Anda semakin meningkat ketika kebutuhan Anda masih dalam standar anggaran dan pastinya cara ini efektif untuk menghindari lilitan hutang.

5. Lihat Kadar Kemampuan

Tak jarang keinginan melebihi kadar kemampuan. Jika memang sangat membutuhkan kendaraan misalnya, tetapi tabungan belum bisa digunakan untuk membeli yang baru, bisa cari yang setengah pakai yang terjangkau oleh keuangan yang dimiliki.

Kendaran bekas atau second memiliki harga yang lebih murah dibanding yang baru. Jika Anda memang ingin mengurangi tagihan yang membelit pendapatan Anda, membeli kendaraan bekas bisa dijadikan pilihan. Memaksakan keinginan tanpa melihat kemampuan hanya akan membuat diri keberatan dengan diri sendiri.

6. Jangan Menunda Pembayaran

Jika terpaksa Anda telah berhutang dan dana Anda telah tersedia untuk melunasinya, maka segeralah melakukan pembayaran. Percaya atau tidak, menunda pembayaran bisa mengakibatkan hal yang fatal karena bisa saja Anda akan tergiur untuk menggunakannya pada hal lain.

Mengingat uang tersebut sudah bukan termasuk pengeluaran Anda setiap bulannya. Jika dana sudah tersedia, maka anggaplah dana tersebut tidak pernah ada, sehingga Anda tidak akan berhasrat menggunakannya untuk kepentingan yang lain. Ingat juga, menunda pembayaran utang bisa menimbulkan denda.

Itulah enam tips yang harus Anda lakukan jika tidak mau tersiksa oleh lilitan hutang. Mulai sekarang latihlah diri Anda untuk tidak mudah berutang. Mulailah mengelola keuangan dengan baik, dengan begitu akan menghindarkan Anda dari situasi “Besar Pasak Daripada Tiang”. Karena tanpa Anda sadari, utang akan menjadi beban tersendiri yang membuat diri menjadi tidak nyaman dalam menjalani hidup. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here