Ketika Area Mr.P Terasa Gatal – Pernahkah Anda mengalami gatal yang hebat pada area penis dan testis ?  ya tentu saja akan membuat Anda tidak nyaman dan cukup menyiksa Anda ketika harus menggaruk-nggaruk area Mr.P di antara orang-orang. Memalukan bukan ?

Keadaan ini juga akan mengganggu Anda ketika diharapkan istri untuk bercinta di atas ranjang. Tentu dia (dan Anda tentunya) akan kecewa jika mendapati kondisi Anda yang demikian itu. Segera lakukan tindakan agar rasa gatal itu cepat pergi.

Penyebab Mr.P Terasa Gatal

Untuk mengatasi rasa gatal yang menimpa Mr.P, terlebih dahulu harus Anda tahu penyebabnya. Banyak hal sebenarnya yang menjadikan area Mr.P Anda terasa gatal.

  • Jika rasa gatal semakin menghebat saat malam hari, kemungkinan besar disebabkan oleh kudis/skabies. Sedangkan kudis disebabkan oleh tungau/kutu yang dapat menular melalui tempat tidur, sofa, handuk, dan sebagainya.

  • Infeksi jamur dan bakteri yang dapat terjadi melalui penularan akibat bertukar celana dalam, alat mandi, atau bukan akibat penularan dari orang lain melainkan terkena dengan sendirinya, paling sering akibat dari faktor kebersihan yang kurang, dan juga kelembaban daerah kelamin.

  • Alergi/iritasi akibat dari sisa urin, smegma, tisu, dan sebagainya

  • Herpes genitalis, merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh herpes simplex virus type 1 (HSV-1) atau type 2 (HSV-2). Biasanya terdapat juga luka bernanah

  • Lichen nitidus, terdapat bintik-bintik kecil pada batang penis yang gatal. Bukan merupakan penyakit menular seksual

  • Kondisi psikologis yang bermasalah, seperti stress dan kecemasan berlebihan juga dapat berakibat area Mr.P Anda gatal. Perasaan stres dan kalut tidak hanya melemahkan sistem imun (kekebalan) tubuh Anda saja. Bagi pria, hal ini dapat memicu infeksi ringan yang menyebabkan gatal-gatal di area Mr.P.

  • Candidiasis: merupakan suatu infeksi jamur dan bisa jadi merupakan gejala diabetes pada pria

  • Kutil kelamin: merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi virus. Kutil biasanya juga terdapat pada batang penis dan area pubis

  • Lichen planus, psoriasis dan seborrhoeic dermatitis merupakan penyakit non menular seks yang dapat terjadi pada ujung penis dan menyebabkan gatal

Untuk mencari penyebab gatal sesunggunya sangat sulit tanpa melalui pemeriksaan langsung dengan melihat kondisi kulit tersebut. Karena suatu penyakit kulit dapat mirip satu sama lain walaupun penyebabnya berbeda.

Sehingga diperlukan pengamatan langsung dengan dari dokter yang berkompetensi. Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa. Maka satu-satunya cara untuk memastikan keluhan adalah dengan melakukan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Cara Mengatasi Mr.P Terasa Gatal

Namun untuk menuju ke tempat dokter terkadang seorang harus menunggu beberapa saat untuk menentukan saat yang tepat. Minimal dengan pertimbangan aktifitas dan jadwal praktek dokter dimaksud. Untuk mengurangi gejala gatal pada penis, yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Tidak menggaruknya bila gatal melainkan hanya mengusap, dikarenakan dengan menggaruk mengakibatkan gatal semakin hebat dan berpotensi terjadinya infeksi bakteri akibat luka garukan
  2. Menjaga kebersihan daerah kelamin dengan membasuh air hangat setelah buang air kecil
  3. Tidak bertukar pakaian dalam atau alat mandi
  4. Segera mengganti pakaian dalam bila telah lembab
  5. Jika sangat mengganggu, dapat dicoba dengan mengompres dengan air dingin
  6. Jangan mandi lebih dari 20 menit
  7. Hindari sabun atau shower gel yang mengandung parfum
  8. Pilih pakaian dalam yang sehat
  9. Mengkonsumsi obat pereda gatal seperti CTM bila tidak ada kontraindikasi.

Demikianlah sedikit info yang harus Anda ketahui dan Anda lakukan ketika Anda disiksa rasa gatal pada penis Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here