Mau Menunda-nunda Pekerjaan? Pikirkan Lagi Saja! – Apakah Anda merasa mempunyai kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dan merasa kesulitan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut karena sudah mendarah daging? Sebenarnya ada dua hal yang paling sulit dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan.

Yaitu, memulai pekerjaan dan menjaga untuk selalu fokus hingga pekerjaan tersebut terselesaikan. Ya, memang menunda pekerjaan karena adanya berbagai distraksi yang datang seringkali menjadi penghalang bagi kita untuk bisa produktif.

Sifat suka menunda-nunda memang kebiasaan buruk yang sangat mengganggu kita dalam menyelesaikan segala hal. Sudah pasti akan banyak aktifitas yang terbuang sia-sia hanya karena sifat menunda-nunda.

Tentunya bukan hanya  pekerjaan yang tidak bisa terselesaikan tetapi juga kritikan pedas pun akan kita terima, tentunya hal ini dapat menurunkan produktivitas Anda dalam bekerja. Ada banyak hal yang mampu menyebabkan kebiasaan menunda-nunda itu muncul. seperti menyepelekan pekerjaan, terlalu lelah, rasa malas, banyak pikiran, dan lain sebagainya.

Untuk itu apabila kebiasaan ini tidak segera Anda perbaiki maka kebiasaan ini akan membawa Anda ke lembah kehancuran diri Anda sendiri. Tidak hanya itu saja, orang-orang yang ada di sekitar Anda akan mulai menjauh dari Anda karena kebiasaan buruk tersebut.

Oleh karena itu, sebelum kebiasaan menunda-nunda ini hilang dari diri Anda maka secepat mungkin Anda harus berubah.

Ada 10 alasan mengapa orang bisa memiliki kebiasaan menunda, yaitu:
  1. Belum tahu caranya
  2. Takut salah
  3. Takut dimarahi kalau salah
  4. Tidak suka pekerjaan atau kegiatan tersebut
  5. Tidak yakin kalau bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut
  6. Tidak ada reward yang jelas
  7. Mau semuanya lengkap dulu, baru kerjakan
  8. Tidak ada yang kejar atau menagih…..ya…nanti dulu deh
  9. Menyepelekan pekerjaan
  10. Ada kegiatan lain yang dianggap lebih menarik (main game, nonton film, dll)

Tentu banyak dari kita yang sering merasa malas untuk mengerjakan sesuatu hingga berujung penundaan. Hal itu mungkin bagi orang yang biasa menunda-nuda nampak biasa saja dan bukanlah kebiasaan yang berbahaya.

Namun jika pekerjaan yang ditunda-tunda tersebut berhubungan dengan deadline pasti akan menjadi sangat fatal sehingga berpotensi menghilangkan kepercayaan orang lain terhadap Anda dan berujung pada kehancuran karir Anda untuk selamanya.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi kebiasaan buruk menunda-nunda:
  • Motivasi diri sendiri

Memiliki motivasi yang rendah dalam melakukan pekerjaan cenderung membuat kita menunda-nunda pekerjaan kita. Manusia sangat rentan untuk melupakan motivasi yang telah diberikan.

Oleh karena itu, membuat diri termotivasi sangat perlu Anda lakukan setiap kali Anda ingin menunda pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Pikirkanlah hal yang dapat membuat Anda termotivasi seperti mengejar bonus, mengejar karir, bekerja untuk anak dan istri Anda, dan sebagainya.

  • Cari tahu penyebab suka menunda-nunda

Seorang hakim tidak akan menjatuhi hukuman kepada terdakwa jika si hakim tidak tahu apa penyebab si terdakwa ini di hukum. Begitu juga halnya kebiasaan menunda-nunda, jika kita ingin meninggalkan kebiasan ini kita harus tahu apa penyebab yang membuat kita menunda-nunda pekerjaan.

Entah itu rasa malas, menyepelekan pekerjaan, banyak masalah yang sedang dihadapi, dan sebagainya. Jika sudah menemukan penyebabnya, coba untuk mengatasi terlebih dahulu penyebab tersebut agar Anda dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Anda.

  • Meminimalisasi gangguan

Seringnya gangguan yang datang di saat sedang fokus dengan pekerjaan tentunya akan membuat Anda dapat menunda pekerjaan. Saat sudah berada di meja belajar dan tiba-tiba terdorong untuk membuka facebook, Twitter, dan bermain handphone atau ada anggota keluarga yang tiba-tiba masuk ke kamar lalu mengajak ngobrol, hal tersebut tentunya akan mengahncurkan fokus untuk mulai bekerja.

  • Buat daftar prioritas

Karena terlalu banyaknya hal yang harus diselesaikan membuat bingung dan enggan untuk cepat menyelesaikan pekerjaan Anda. Hal ini yang membuat peluang munculnya kebiasaan menunda-nunda semakin besar.

Untuk itu, cobalah untuk membuat skala prioritas dalam satu hari. Mana pekerjaan yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu dalam hari itu. Jangan mencantumkan pekerjaan yang harus Anda lakukan untuk hari lainnya.

Karena hal itu dapat membuat Anda bingung dan malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Apa yang dapat Anda lakukan saat ini lakukan saja.

  • Tidak terlalu banyak menerima informasi

Tetap fokus dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan perlu Anda miliki agar pekerjaan tidak tertunda. Salah satu cara agar tetap fokus adalah tidak terlalu memikirkan banyak hal.

Batasi informasi yang masuk ke otak Anda, izinkan informasi yang penting saja yang masuk ke otak Anda agar Anda tetap fokus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

  • Jangan menyepelekan pekerjaan

Memiliki kepercayaan diri boleh saja tapi jangan sampai kepercayaan diri itu membuat Anda menyepelekan pekerjaan Anda. Jangan terlalu percaya diri bahwa Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat dan terbatas walaupun pekerjaan itu sudah sering Anda kerjakan.

Sifat suka menyepelekan pekerjaan ini dapat membuat pekerjaan tidak selesai, seharusnya pekerjaan dapat selesai sekarang menjadi besok selesainya atau mungkin sudah lewat deadline

Jika dirasa pekerjaan yang Anda kerjakan sudah Anda kuasai, cobalah meminta kepada atasan untuk diberi tugas yang lebih menantang. Dengan tugas yang lebih menantang kita akan termotivasi untuk menyelesaikannya sehingga sifat yang suka menyepelekan itu akan hilang dengan sendirinya.

  • Pikirkan terus keuntungan yang Anda dapatkan saat pekerjaan selesai lebih cepat

Tidak ada salahnya jika kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat sebelum waktu yang ditentukan. Jika bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat maka Anda dapat menggunakan waktu luang tersebut untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda senang. Seperti pergi berlibur, melakukan hobi, berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya.

  • Ambil nafas, berusahalah untuk tenang ketika ada tugas yang membuat Anda stres

Ketika sedang menghadapi tugas sulit yang membuat Anda panik dan stres, akan ada kemungkinan lebih besar bagi anda untuk menghindari tugas tersebut. Contohnya saja, tiba-tiba Anda ditunjuk untuk jadi penanggung jawab sebuah proyek yang melibatkan klien banyak menuntut.

Di pikiran anda langsung terbayang bagaimana harimu akan dipenuhi teror dari klien itu.

Anda langsung lemas membayangkan kerjasama yang penuh permintaan dan tekanan. Hal seperti inilah yang akan membuat Anda semakin enggan memulai mengerjkan proyek itu. Tarik nafas, ambil waktu sejenak untuk tenang.

Cobalah untuk mengerjakan apa yang harus Anda kerjakan saat itu. Singkirkan dulu berbagai pikirin buruk yang telah mengganggu itu.

  • Mencoba untuk selalu mencari tantangan

Bukan hanya tugas yang sulit dan membuat stres yang bisa membuat ingin menundanya. Tugas yang terlalu mudah juga bisa menjadi tugas yang menggoda untuk dituda. Dampaknya Anda akan terlena untuk membuang-buang waktu hingga tiba-tiba deadline sudah ada di depan mata.

Jika merasa kewajiban Anda tidak menantang atau terlalu mudah, coba komunikasikan dengan bos atau rekan kerja Anda. Minta mereka memberikan tugas lbih atau mnggantikannya dengan tanggung jawab yang lebih besar.

  • Beri penghargaan pada diri sendiri ketika bisa menyelesaikan tugas

Penuhi diri anda untuk bersenang-senang setiap Anda berhasil menyelesaikan tugas. Lakukan sesuatu yang membuat Anda ringan dan ebih puas. Jika tidak ada orang yang menghargai hasil kerja dan usaha Anda, kenapa tidak mulai dari diri sendiri.?

  • Bekerjalah sesuai ritme yang Anda suka

Temukan ritme kerja yang paling sesuai. Kenali diri Anda sendiri. Kapan waktu yang paling produktif bagimu untuk berpikir dan bekerja ? manfaatkan waktu emas tersebut untuk menuntaskan kewajiban.

Dengan mengenal ritme kerja yang paling cocok untuk Anda, akan lebih mudah memilih waktu dan kesempatan yang memang paling bermanfaat bagi produktivitas Anda.

  • Jangan lupa untuk selalu istirahat dan tidur cukup

Sebagai seorang pekerja keras, istirahat yang cukup juga penting untuk meningkatkan produktivitas mereka. Kelelahan dan kurangnya istirahat juga dapat membuat kita menunda-nunda pekerjaan. Oleh karena itu, dengan istirahat yang cukup dapat mengembalikan mood kita untuk bekerja kembali dan pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Itulah beberapa penyebab orang mempunyai kebiasaan menunda-nunda dan langkah-langkah untuk mengatasinya. Menghilangkan kebiasaan menunda-nunda yang seakan sudah mendarah daging memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, dengan bantuan Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy, akan sangat membantu untuk menghilangkan kebiasaan menunda-nunda.

Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy merupakan sebuah terapi yang telah  dirancang khusus oleh para ahli dengan memadukan antara media brainwave (gelombang otak) dengan visualisasi diri yang akan memudahkan Anda menghilangkan kebiasaan menunda-nunda, meningkatkan motivasi diri, serta melatih diri untuk bisa menghargai waktu.

Terapi Binaural Beats – Procrastination Therapy telah melewati proses penelitian selama bertahun-tahun dan telah dibuktikan efektivitasnya oleh para ahli untuk membantu menghilangkan kebiasaan menunda-nunda, meningkatkan motivasi diri, serta melatih diri untuk bisa menghargai waktu. Terapi ini diproduksi dalam bentuk audio dan dicetak dalam bentuk CD sehingga memudahkan Anda untuk mendapatkan dan menggunakannya.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here