Mau Tau Cara Awet Muda ??? Ikuti Tips Dahsyat Ini

Walaupun usia bertambah, tidak mutlak juga kita harus terlihat tua, Anda bisa tetap bisa nampak muda.

0
1206

Mau Tau Cara Awet Muda ??? Ikuti Tips Dahsyat Ini – Hari berganti minggu, bulan berganti tahun, umur Anda tak akan pernah kembali. Usia akan senantiasa bertambah, diterima atau tidak, Anda akan semakin tua. Anda tidak bisa melakukan apapun untuk mengurangi pertambahan usia anda.

Di sisi lain, menjadi tua merupakan “momok” yang menakutkan bagi kebanyakan orang di dunia. Terang saja, siapa sih yang ingin mempunyai tubuh lemah, kulit berkeriput, ingatan yang mulai pikun, dan kesehatan memburuk ?

Cara Awet Muda Dengan Hidup Sehat

Tetapi, walaupun usia bertambah, tidak mutlak juga kita harus terlihat tua. Ada banyak usaha dapat dilakukan agar dapat terlihat lebih muda meskipun dalam usia yang tergolong tua. Ini adalah beberapa tips cara awet muda yang bisa kamu lakukan agar hidup dan pikiranmu sehat.

1. Positif Thinking

Cara awet muda yang pertama adalah berpikir positif. Positif Thinking dapat membuat Anda lebih tenang. Pikiran yang positif adalah kunci utama untuk tetap awet muda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kentucky menemukan bahwa kondisi emosi positif seseorang pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia.

Mulailah untuk mengurangi emosi negatif dan perbanyak berpikir positif. Karena pikiran yang positif dapat membuat otak kita tidak tertekan sehingga kita akan menjadi lebih tenang.

2. Kelola Dengan Baik Stress Yang Ada

Cara awet muda yang ke dua adalah mengelola stress. Stress berpengaruh besar terhadap penuaan. Sebagian besar stress disebabkan dari kebiasaan diri sendiri, yang sering disebut dengan pola pikir reflektif. Bentuknya seperti mengkhawatirkan tentang masa depan dan menyesali masa lalu.

Sebenarnya, pola pikir ini sangatlah tidak berguna. Apabila pola pikir ini mendominasi dan menguasai emosi kita, maka kita akan mengalami kondisi stress.

Hal yang dapat kita lakukan untuk mengelola stress adalah dengan membebaskan diri kita dari pola pikir yang merusak dan berlatih untuk berpikir secara sederhana. Salah satunya caranya adalah menggunakan teknik meditasi mindfulness.

Dalam teknik ini, kita akan berlatih untuk membedakan pikiran dan kekhawatiran. Perbedaannya memang sangat tipis, namun efeknya sangat kuat. Disini kita akan sadar tentang hal-hal yang kita pikirkan, yang sebenarnya bukanlah sebuah realita, melainkan pikiran yang kita buat sendiri.

Yang perlu Anda waspadai adalah kertkaitan antar Stress dan Disfungsi Ereksi

3. Tidak Merokok

Cara awet muda yang ke tiga adalah meninggalkan rokok. Sudah banyak penelitian yang mengatakan bahwa merokok dapat menyebabkan penuaan dini. Merokok dapat membuat kulit menjadi keriput dan membuat kita terlihat lebih tua.

Dr. Rippe, yang telah disebutkan sebelumnya juga menyatakan bahwa, jika seseorang menginjak usia  50 dan menjadi perokok, maka otomatis ia memotong 7 tahun usianya. Oleh karena itu, hindarilah kebiasaan merokok mulai sekarang agar masa mudamu berlangsung lebih lama.

Baca Juga : 10 Cara Berhenti Merokok

4. Ubahlah Persepsi Anda Tentang Masa Tua

Cara awet muda yang yang ke empat adalah mengubah persepsi. Pengaruh psikologis pada pertambahan usia, khususnya pada bagaimana persepsi seseorang mempengaruhi kesehatan fisik dan mentalnya.

Para ilmuwan berpendapat bahwa semakin anda mempercayai persepsi bahwa dengan semakin bertambahnya usia anda maka ketajaman anda semakin berkurang, maka hal itu akan benar-benar terjadi pada anda.

5. Pertahankan Sikap Positif

Cara awet muda yang ke lima ada bersikap positif. Kondisi emosi positif pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia. Faktanya, terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara sikap seseorang dengan kesehatan fisik dan mentalnya.

6. Rutin Berolahraga

Cara awet muda yang ke enam adalah rutin berolahraga. Jaga kesehatan Anda dengan berolahraga secara teratur. Kondisi kesehatan yang buruk merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan. Lansia yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik.

Cobalah untuk berolahraga secara teratur agar kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. Dengan meningkatkan aktifitas fisik, Anda bisa memutar kembali jam biologis Anda.

7. Dapatkan Kualitas Tidur

Cara tips awet muda yang ke tujuh adalah berusaha mendapatkan kualitas tidur. Peneliti menemukan bahwa mempersingkat durasi tidur anda dari 8 jam menjadi 4 jam akan mempengaruhi kadar glukosa dan fungsi endokrin Anda kurang dari 1 minggu. Perubahan ini akan nampak seperti tahap awal jika anda terkena diabetes.

Para peneliti juga menyimpulkan bahwa kekurangan tidur bukan hanya menyebabkan anda memiliki awal yang kurang prima setiap harinya, namun anda juga akan menjadi rawan terhadap beberapa penyaklit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan hilang ingatan.

Jaga kualitas tidur dan jangan biarkan otak terlelap dalam keadaan stres, dan juga matikan semua lampu dan sumber cahaya. Karena istirahat dalam keadaan gelap membuat tubuh menghasilkan hormon melatonin yang baik bagi pertahanan tubuh dan menjaga sel tubuh dari kerusakan.

Berikut dapat Anda ikuti 7 Langkah Memperbaiki Kualitas Tidur

8. Asahlah Terus Otak Anda

Cara awet muda yang ke delapan adalah jangan berhenti mengasah otak. Sejumlah data yang berhasil diungkap selama dua puluh tahun terakhir memastikan bahwa otak terus berkembang, mengembangkan neuron-neuron baru dan jaringan diantara neuron tersebut sepanjang hidup.

Sebagai informasi tambahan, penyakit otak yang sering dihubungkan dengan pertambahan usia dapat dihilangkan dengan terus menstimulasi otak. Individu yang terus menerus menstimulasi kehidupannya melalui pendidikan, pekerjaan, dan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan hobi, akan mengurangi kecenderungan terkena Alzheimer.

Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

9. Dapatkan Banyak Cinta Dan Kasih Sayang

Cara tips awet muda yang ke sembilan adalah cukup akan kasih sayang. Sentuhan cinta dan kasih sayang dapat melepaskan hormon, termasuk oxytocin, yang akan mengurangi stres dan kecemasan.Selain itu, sebuah penelitian oleh Dr. Marian C. Diamond, salah satu ahli anatomi syaraf terkemuka di dunia, melakukan eksperimen menggunakan tikus berusia 600 hari, atau kurang lebih sama dengan 60 tahun usia manusia.

Pada eksperimen tersebut, ia menempatkan tikus-tikus tersebut di kondisi yang berbeda, yaitu di kandang dan satu lagi dipelihara oleh peneliti. Tujuannya tak lain ialah untuk mengetahui apakah kasih sayang dapat mempengaruhi usia hidup. Hasilnya, tikus yang dipelihara dapat hidup jauh lebih lama dibandingkan dengan tikus yang hidup di kandang.

Jangan Lewatkan

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here