Mendengarkan Musik Bermanfaat Untuk Kesehatan – Musik itu indah, mendengarkan musik adalah suatu aktivitas yang bagi kebanyakan orang menganggap sangat menyenangkan. Bahkan tak jarang dari kita yang rela menghabiskan waktu hanya untuk mendengarkan musik.

Karena musik juga sebagai salah satu sarana hiburan buat orang dari semua kalangan. Namun tahukah Anda? bahwa musik juga bermanfaat untuk kesehatan. Tanpa kita sadari ternyata ada manfaat dari setiap musik yang kita dengarkan.

Bukan hanya sekedar hobi atau sebuah kesenangan untuk mengisi waktu luang  saja. Akan tetapi mendengarkan musik juga dapat memberikan efek terhadap kesehatan seseorang. Hal ini juga didukung oleh hasil study-study yang lain yang secara garis besar menyatakan bahwa mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa musik memiliki dampak bagi tubuh dan jiwa. Saat ini, di beberapa rumah sakit, baik dalam maupun luar negeri, memanfaatkan musik untuk membantu pasien kanker, anak-anak dengan ADD, dan lain-lain.

Bahkan, banyak rumah sakit mulai menggunakan terapi musik untuk sakit fisik-psikologis, seperti meringankan nyeri, menangkal depresi, menenangkan pasien, mengendurkan otot yang tegang otot, dan masih banyak lagi.

Pada prinsipnya, musik adalah suara yang keluar dari dalam jiwa manusia. Musik mampu mengekspresikan emosi atau gairah yang intensitas dan kadarnya jauh lebih tinggi daripada kata–kata. Itulah mengapa, musik memiliki kekuatan-kekuatan yang “tak terlihat” (intangible power).

Hal tersebut tidak bisa ditawar lagi. Dengan musik, remaja dapat bernyanyi, menari, menulis syair sambil mendengarkan musik.

Musik menyentuh emosi yang mendalam di dalam jiwa. Elemen-elemen di dalam musik, berupa ritme, irama, nada, melodi, timbre, tempo, pitch, dan dinamika berpotensi sebagai material untuk memberikan efek kepada yang mendengarkan musik.

Hal ini juga disebabkan karena musik memiliki beberapa kelebihan, yaitu karena musik bersifat nyaman, menenangkan, membuat rileks, berstruktur, dan universal. Perlu diingat bahwa banyak  dari proses dalam hidup kita selalu ber-irama. Sebagai contoh, nafas kita, detak jantung, semuanya berulang dan berirama.

Tentunya Setiap orang memiliki selera dan kesenangan tersendiri terhadap setiap genre musik yang menjadi pilihan mereka.  Ada yang suka pada musik pop, rock, dangdut, klasik, atau genre musik yang lainnya.

Musik merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Musik merupakan teman kita saat beraktivitas. Karena dengan musik dapat memberikan kenyamanan serta mampu menambah semangat untuk kita dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, meskipun aktifitas tersebut tergolong berat dan cukup membosankan.

Manfaat Mendengarkan Musik
  • Membantu agar lebih fokus

Ini memang sedikit aneh, tetapi bukti menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. Sebuah alat ‘digital tonic’ yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

  • Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Reaksi masing masing individu kala mendengarkan musik memang berbeda. Tetapi, apapun jenis musik yang Anda pilih, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik kesukaan Anda akan merubah suasana hati dan membuat Anda lebih relax.

  • Meredam Stress

Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

  • Kesehatan Mental Lebih Baik

Musik juga sangat membantu bagi mereka yang bermasalah dengan kondisi mental yang kurang setabil. Dua cara musik dijadikan sebagai media terapi baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan.

  • Perawatan Pasien

Musik ternyata juga sangat memberikan dampak besar positif untuk membantu pengobatan penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan.

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

  • penunjang kesehatan tubuh

Fungsi musik bagi kesehatan juga tidak kalah banyaknya. Campbel pernah menyatakan bahwa ritme-ritme yang terdapat dalam sebuah musik dapat menghasilkan stimulan yang mampu mempengaruhi sistem metabolisme di dalam tubuh manusia.

Proses tersebut dimulai ketika stimulan yang ada dalam musik tersebut ditangkap oleh indera pendengaran yang kemudian akan melalui proses pengolahan pada sistem saraf dan kelenjar otak yang mampu mereorganisasikan interpretasi dari bunyi-bunyian menjadi ritme internal pendengaran.

Inilah yang pada akhirnya mempengaruhi sistem metabolisme tubuh manusia untuk bekerja lebih optimal dalam rangka menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan sistem kekebalan yang kuat, maka tubuh akan dapat terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

  • media untuk meningkatkan intelegensi seseorang

Ritme-ritme nada yang ada pada musik mampu melakukan rangsangan terhadap otak manusia, di mana  manusia memiliki bagian otak sebelah kanan berkaitan dengan kecerdasan, perkembangan artistik dan kreatifitas, bahasa, musik, imajinasi, warna, pengenalan diri, sosialisasi, serta pengembangan kepribadian.

Dengan begitu hal ini dapat meningkatkan fungsi kinerja otak menjadi lebih optimal. Musik jazz misalnya, di mana genre musik jazz telah dipercaya mampu mempengaruhi perkembangan saraf-saraf otak (baik kanan maupun kiri).

Ritme teratur yang dihasilkan genre musik ini mampu berperan dalam pematangan otak kiri dan kanan dan efek yang dihasilkan dalam proses tersebut adalah timbulnya perasaan, emosi, persepsi, ekspresi, serta kesadaran yang baik.

Efek nyaman dan tentram yang dihasilkan dari alunan musik akan mampu membuat otak kita bekerja lebih prima dan lebih optimal, sehingga dengan begitu akan dapat berpengaruh positif pada :

  1. Kemampuan berfikir yang lebih jernih dan tajam
  2. Menurunkan resiko Alzheimer (kepikunan)
  3. Dapat meningkatkan kemampuan berbahasa
  4. Meningkatkan kreativitas
  5. Dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi seseorang
  • media komunikasi dalam hubungan sosial bermasyarakat

Musik merupakan bahasa universal yang mampu menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan, serta dapat memadukan adanya perbedaan-perbedaan.

Hal ini akan dapat mendukung terciptanya suatu media komunikasi di antara sesama manusia. Musik telah menjadi bahasa pergaulan serta media komunikasi dalam kehidupan manusia, meskipun mereka berasal dari bangsa yang berbeda-beda.

Musik merupakan media komunikasi bisa lebih mudah dipahami, meskipun kita tidak memahami bahasa dari musik yang kita dengarkan.

Contoh nyata yang bisa kita dapatkan dari musik sebagai media komunikasi adalah musik mampu mewakili perasaan yang ingin kita sampaikan kepada orang lain, misalnya ungkapan rasa rindu, rasa cinta, rasa kecewa, dan lain sebagainya

  • media untuk menstimulasi janin dalam kandungan

Menurut guru besar Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang bernama Prof. Dr. Utami Munandar dalam seminar yang bertajuk “Pengaruh Mendengarkan Musik Klasik terhadap Janin dan Kehamilan“, menyatakan bahwa Mendengarkan musik klasik sebenarnya merupakan bagian dari beberapa stimulasi yang biasa diberikan oleh ibu hamil kepada janin yang ada dalam kandungannya.

Musik akan merangsang perkembangan sel-sel otak pada janin, sehingga muncul anggapan bahwa perangsangan ini sangat penting karena masa tumbuh kembang otak yang paling pesat terjadi sejak awal kehamilan hingga bayi berusia tiga tahun.

Salah satu jenis musik yang banyak dipergunakan untuk menstimulasi janin dalam kandungan adalah musik klasik, terutama karya-karya Mozart, karena jenis musik tersebut telah terbukti efektif dalam menstimulasi perkembangan otak belahan kanan pada janin.

Dan apabila musik Mozart diperdengarkan pada anak sejak dini, maka dalam diri anak tersebut akan tumbuh jiwa kasih sayang.

Selain itu, dengan mendengar alunan musik yang tenang, denyut jantung janin akan terasa lebih  tenang, bahkan, apabila genre musik tersebut terus diperdengarkan pasca kelahiran akan dapat memberikan pengaruh baik bagi bayi.

Itulah beberapa manfaat jika Anda mendengarkan musik, namun meskipun mendengarkan musik memiliki banyak manfaat ternyata masih banyak orang yang tidak menyangka bahkan tidak percaya kalau mendengarkan musik itu memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sekedar mendengarkan untuk mengisi ketika sedang beraktivitas.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here