Kenali Kentut Anda – Berbicara masalah kentut atau buang angin memang masih menjadi hal yang tabu dalam masyarakat, sama halnya saat membicarakan seks.

Meski dinilai menjijikan, namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa kentut (flatus) normal menandakan kondisi tubuh yang sehat. Kentut juga merupakan bagian penting dari sistem pencernaan, di mana kentut merupakan salah satu cara organ tubuh untuk menghembuskan nafas.

Buang angin merupakan proses alami yang terjadi akibat penumpukan gas berlebihan dalam tubuh. Gas tersebut berasal dari beberapa sumber, seperti udara yang kita hirup, reaksi dari proses kimia dalam usus, dan dari bakteri yang hidup dalam usus.

Gas yang keluar saat buang angin terdiri dari berbagai kandungan yang bervariasi. Sebagian berasal dari udara yang kita hirup (oksigen), ddan diserap tubuh sebelum masuk ke dalam usus. Pada saat udara tersebut masuk ke usus besar maka yang tersisa adalah nitrogen.

Namun berapa besar jumlah gas yang kita keluarkan juga dipengaruhi beberapa faktor lain seperti apa yang kita makan, berapa banyak udara yang kita hirup, dan jenis bakteri apa yang hidup dalam usus kita.

Menahan Kentut Menyebabkan Penyakit ???

Inilah pentingnya kenali kentut Anda. Seseorang yang menahan kentut akan merasakan beberapa keluhan yang tidak nyaman akibat pengingkatan gas dalam tubuh dan pelebaran usus yang menjadi tidak normal. Buang angin yang ditahan dapat menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar.

Selain itu, tertahannya gas di dalam usus akan menyebabkan tekanan di rongga usus. Bahkan tekanan ini akan lebih tinggi daripada tekanan parsial di dalam darah. Akibatnya, gas tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah yang berada di dinding usus, kemudian beredar ke seluruh tubuh.

Secara medis, buang angin menunjukkan adanya aktivitas usus yang baik. Seseorang yang baru menjalani operasi, khususnya operasi yang berhubungan denga organ di dalam perut, perlu menunggu hingga orang yang bersangkutan bisa buang angin sebelum dirinya diperbolehkan untuk makan dan minum.

Dalam dunia kedokteran, buang angin bisa menjadi petunjuk bahwa fungsi usus dan organ pencernaan pasien telah berfungsi normal pasca operasi.

Kenali Kentut Anda !, Normalkah Ia ?

750 ml gas perhari atau sekitar 14 kali aktivitas buang angin adalah jumlah rata-rata normal yang terjadi pada setiap orang. Jika kurang atau lebih dari jumlah tersebut bisa jadi Anda mengalami masalah pada gastrointestinal (organ pencernaan).

Macam-macam Kentut

Kenali kentut Anda !, berikut adalah macam-macam kentut yang asyik untuk Anda kenal.

  • Kentut “Tong Kosong Nyaring Bunyinya”: Kentut ini bunyinya saja kencang, tapi tidak ada baunya.
  • Kentut “Silent but Deadly”: Kentut ini kebalikan jenis kentut yang di atas; ngga berbunyi, tapi baunya ngga karuan.
  • Kentut Beraroma: Kentut ini aromanya berbeda dari kentut yang umum, karena sang pelaku baru aja memakan makanan yang baunya khas, seperti jengkol, pete, bawang dan lain lain.
  • Kentut Combo: Kentut dalam jumlah banyak yang terjadi secara bertubi-tubi. Biasanya bersuara kencang.
  • Kentut Bermelodi: Kentut dengan suara yang bernada. Yang sudah pakar bahkan bisa memainkan sebuah lagu!
  • Kentut Muncrat: Bukan cuma gas yg keluar, tapi jg diiringi zat kental atau cairan berwarna coklat kekuningan.
  • Kentut Keras: Pelaku harus menggunakan seluruh otot dan tenaga untuk melakukannya.
  • Kentut Ngga Sengaja: Pelaku sama sekali ngga ada persiapan untuk melakukannya. Sering terjadi saat orang yang bersangkutan dikejutkan oleh orang lain atau terkejut sendiri.
  • Kentut Minimalis: Ngga berbau dan berbunyi. Hanya sekedar melepaskan sedikit gas dari tubuh.

Kenali Kentut Anda, Keberadaannya Ada Manfaatnya

Meskipun baunya kadang menyiksa hidung, namun dibalik kekejamannya itu ada beberapa manfaat yang dipetik dari satu hembusan kentut.

  1. Mengurangi Kembung

Kentut secara teratur akan membantu mengurangi kembung akibat mengonsumsi beberapa makanan. Seperti karbohidrat atau makanan manis.

  2. Menghirup Kentut Baik Untuk Tubuh

Kandungan hidrogen sulfida dalam kentut yang dihirup akan mengurangi kerusakan sel. Dengan demikian hal ini bisa mengurangi potensi stroke hingga penyakit jantung. Namun, hidrogen yang dihirup dalam jumlah kecil.

  3. Menunjukkan Kondisi Kesehatan Tubuh

Jenis kentut yang dikeluarkan bisa menunjukkan kondisi kesehatan tubuh. Seperti halnya kentut yang benar-benar bau menandakan adanya gangguan pencernaan akibat infeksi saluran pencernaan atau gejala penyakit Crohn.

Demikianlah sedikit info tentang kentut yang biasa Anda keluarkan. Semoga dapat dipetik manfaat. Share kepada teman-teman jika dinilai mengundang banyak manfaat.

Jangan Ketinggalan:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here