Penyebab Kemandulan Pada Pria yang HARUS Diwaspadai

Masalah kemandulan (ketidaksuburan atau infertilitas) sering diidentikkan dengan wanita. Padahal kenyataannya tidak demikian. Sulit memiliki keturunan bisa saja terjadi karena sperma pria tidak sehat.

0
389
Penyebab Kemandulan Pada Pria yang Harus Diwaspadai

Penyebab Kemandulan Pada Pria – Masalah kemandulan (ketidaksuburan atau infertilitas) sering diidentikkan dengan wanita. Padahal kenyataannya tidak demikian. Sulit memiliki keturunan bisa saja terjadi karena sperma pria tidak sehat. Sperma tidak sehat yang dikeluarkan pria saat ejakulasi akan sulit membuahi sel telur, walaupun sel telur dalam keadaan baik dan siap hamil.

Memiliki keturunan menjadi dambaan setiap pasangan. Karena kelak di hari tuanya ada yang mengurusi. Namun bagi yang belum memperoleh keturunan, hal ini membuat stres dan dilema. Belum mendapatkan keturunan karena masalah infertilitas selalu menghantui pikiran mereka. Akibatnya bisa berpengaruh pada keharmonisan dan ke-romantiz-an rumah tangga, bahkan bisa berujung pada perceraian.

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Penyebab kemandulan pada pria bisa berupa:

1. Gangguan Hormonal

Gangguan-gangguan hormon tersebut antara lain:

  • Hiperprolaktinemia atau kondisi hormon prolaktin yang tinggi. Kondisi ini ditemukan 10-40 persen pada pria yang tidak subur. Kadar prolaktin yang tinggi dapat mengurangi produksi sperma dan menyebabkan impotensi.
  • Hipotiroid. Kadar hormon tiroid yang rendah dapat menurunkan kualitas air mani, fungsi testis, dan menurunkan gairah seksual.
  • Hiperplasia adrenal kongenital. Gangguan ini terjadi ketika kelenjar pituitari tertekan oleh  kenaikan tingkat hormon androgen adrenal sehingga menyebabkan rendahnya produksi sperma. Selain itu, gangguan ini juga menyebabkan kurang aktifnya gerak sperma dan banyaknya sel sperma yang tidak berkembang dengan baik.
  • Hipogonadotropik hipopituitarisme. Gangguan ini disebabkan karena rendahnya produksi hormon follicle stimulating hormone (FHS) dan lutenizing hormone (LH) dari kelenjar pituitari. Hal ini menyebabkan terganggunya perkembangan sperma dan menurunnya tingkat sel dalam testis.
  • Panhipopituitarisme, yaitu kegagalan kelenjar pituitari sehingga menekan hormon pertumbuhan, hormon stimulasi tiroid, dan tingkat LH dan FSH. Gejala-gejalanya antara lain testis yang berukuran kecil, impotensi, dan gairah seksual yang menurun.
2. Gangguan Fisik

Berikut ini beberapa gangguan fisik yang dapat menjadi penyebab kemandulan pada pria.

  • Kelainan saluran sperma. Saluran yang membawa sperma dapat Penyebab Kemandulan Pada Pria - Varikokelmengalami kerusakan yang diakibatkan karena cedera atau penyakit, sehingga menyebabkan sperma tidak berkembang dengan baik.
  • Varikokel, yaitu melebarnya pembuluh darah dalam skrotum dan menghambat aliran darah dengan baik.
  • Torsio testis. Gangguan ini disebabkan oleh kelainan jaringan yang membuat testis memutar secara ekstrim di dalam skrotum. Gejala dari gangguan ini biasanya terjadi pembengkakan.
  • Penyakit genetik. Penyakit seperti cystic fibrosis atau gangguan kromosom lain dapat menyebabkan kemandulan (ketidaksuburan).
  • Infeksi dan penyakit. Beberapa jenis infeksi dan penyakit dapat mengganggu produksi atau kondisi sperma. Di antaranya yaitu penyakit gondong, tuberkulosis, tifus, dan penyakit menular seksual seperti gonorhe dan sifilis.
  • Ejakulasi retrograde. Kelainan ini menyebabkan air mani tidak keluar dari penis saat ejakulasi, tetapi memasuki kandung kemih. Gangguan ini kemungkinan disebabkan oleh komplikasi dari operasi prostat, kandung kemih, atau uretra. Selain itu, gangguan ini juga bisa diakibatkan oleh efek samping obat tertentu atau karena penyakit diabetes.
3. Kombinasi Gangguan Fisik dan Psikologis

Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Ejakulasi dini. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria tidak mampu mengendalikan keinginan untuk ejakulasi setelah penetrasi selama 30 detik.
  • Impotensi. Impotensi bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dahulu gangguan ini dianggap sebagai masalah psikologis. Namun penelitian terbaru menyebutkan bahwa impotensi merupakan masalah fisik yang kemudian diperburuk dengan adanya masalah psikologis seperti tegang, rasa bersalah, dan rendahnya rasa percaya diri.Penyebab kemandulan pada pria - impotensi
  • Inkompetensi ejakulasi. Gangguan psikologis ini membuat seorang pria menjadi tidak mampu ejakulasi selama berhubungan seksual, tetapi mampu ejakulasi saat onani.
4. Penyebab-Penyebab Lain

Ada beberapa kemungkinan lain yang menjadi penyebab kemandulan pada pria, antara lain:

  • Pengobatan tertentu. Pengobatan tertentu seperti penggunaan steroid dalam jangka panjang, obat antijamur tertentu, terapi pengganti testosteron, obat-obat kanker, kemoterapi, dan beberapa obat lain yang dapat mengganggu produksi sperma dan mengurangi infertilitas pada pria.
  • Kanker dan tumor. Kedua penyakit tersebut dapat memengaruhi organ reproduksi secara langsung atau melalui gangguan terhadap kelenjar yang melepaskan hormon reproduksi, seperti kelenjar pituitari.
  • Tindakan operasi. Beberapa operasi dapat menyebabkan komplikasi yang menghambat keluarnya sperma pada saat ejakulasi, antara lain vasektomi, perbaikan hernia inguinalis, operasi penanganan skrotum, operasi prostat, serta operasi besar seperti kanker pada testis dan dubur.

Selain beberapa penyebab di atas, ada juga faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kemandulan pada pria, antara lain:

  1. Pertambahan usia
  2. Stres dan depresi
  3. Olahraga berlebihan
  4. Kurang gizi
  5. Pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat
  6. Kebiasaan merokok
  7. Mengonsumsi minuman keras
  8. Penggunaan obat-obatan terlarang
  9. Paparan zat-zat berbahaya (pestisida, merkuri, logam berat, benzena, borium, dan yang lainnya)

Solusi Mengatasi Kemandulan Pada Pria

atasi Penyebab kemandulan pada pria dengan s countLantas, apakah Anda termasuk pria yang mengalami kemandulan (ketidaksuburan)? Ingin segera memiliki keturunan? Ingin menyelamatkan keutuhan rumah tangga Anda? Tenang.. sebagai pria, beberapa penyebab kemandulan pada pria di atas harus Anda hindari dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, ada CARA EFEKTIF untuk mengatasi infertilitas (ketidaksuburan) yang Anda alami. Penasaran? Cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk MENGATASI KETIDAKSUBURAN yaitu dengan mengonsumsi obat herbal penambah sperma. Konsumsi obat herbal penyubur sperma yang telah terbukti aman BPOM dan halal MUI karena telah terjamin kualitasnya. Dengan jaminan kualitas tersebut, obat herbal penyubur sperma terbukti AMAN dikonsumsi dan EFEKTIF mengatasi ketidaksuburan pada pria. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat pengental sperma agar sperma Anda semakin sehat dan subur.

Jangan pesimis dengan ketidaksuburan yang Anda alami. Semua bisa teratasi apabila Anda mau berusaha. Terapkan pola hidup sehat dan konsumsi herbal alami agar sperma Anda menjadi sehat dan subur sehingga mudah untuk mendapatkan keturunan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


[Baca juga:]

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here