Tips Cara Menghindari Dan Mengobati Kolesterol Tinggi – Kolesterol sebenarnya bukanlah nama dari sebuah penyakit. Kolesterol merupakan salah satu unsur lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun jika kolesterol ini melebihi batas kebutuhan maka akan berbahaya bagi tubuh. Kolesterol dapat diturunkan kadarnya dalam tubuh sebelum menjadi kolesterol jahat yang berpotensi menyebabkan penyakit.

Bisa Dilihat: Kolesterol Tinggi Juga Bisa Menyebabkan Disfungsi Ereksi

Kolesterol tinggi adalah istilah lain dari kelebihan batas kolesterol yang dibutuhkan tubuh itu. Sehingga banyak orang yang ‘ketakutan’ dengan nama kolesterol itu mengacu pada keadaan kolesterol tinggi yang perlu diantisipasi.

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh adalah penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Selain itu, gaya hidup yang tidak seimbang,  seperti tidak olahraga secara teratur, merokok, stress, terkena diabetes melitus, banyak minum kopi, salah diet, obesitas dan faktor keturunan juga bisa mempengaruhi kadar kolesterol tinggi dalam darah.

Kenali Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi memang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan timbulnya banyak penyakit. Gejala kolesterol tingi bisa dikenali dengan berbagai tanda tanda seperti sering mengalami pusing pada bagian belakang kepala. Pusing ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada sekitar kepala. Penyumbatan ini akibat kolesterol yang membuat plak pada pembuluh darah.

Tengkuk dan pundak pegal juga merupakan gejala dari kolestrol yang tinggi. Tengkuk dan pundak pegal merupakan implikasi dari cairan darah yang tidak lancar. Penyebab tidak lancarnya aliran darah adalah akibat adanya penyumbatan pembuluh darah akibat tersumbat kolesterol.

Ciri lain kolesterol tinggi adalah sering mengalami pegal pada tangan dan kaki. Hal ini disebabkan karena penumpukan kolesterol. Sering kesemutan pada tangan dan kaki merupakan implikasi dari aliran darah yang tidak lancar pada bagian tubuh tertentu.

Kemudian, seringnya terasa dada sebelah kiri sakit dan tertusuk juga merupakan ciri lain akibat kolesterol tinggi. Ini merupakan penyumbatan darah pada bagian jantung. Nyeri seperti ini juga bisa menjadi tanda tanda serangan jantung.

Solusi Sederhana Menghindari dan Mengobati Kolesterol

Adapun cara menghindari dan mengobati kolesterol tinggi adalah dengan melakukan hal-hal berikut:

1.  Menghindari dan Menjauhi Pantangannya

Pantangan bagi penderita kolesterol tinggi adalah berbagai jenis makanan yang bisa memicu tingginya kolesterol dalam tubuh. Beberapa makanan yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi adalah jenis makanan berlemak , serta berbagai makanan olahan dari telur serta protein hewani.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi diantaranya, iga sapi, coklat , susu sapi, jeroan sapi, jeroan kambing, daging kambing. Sedangkan makanan yang mengandung kolesterol sangat tinggi dan sama sekali tidak boleh dimakan adalah cumi cumi, kuning telur ayam, otak sapi, otak babi dan telur burung puyuh.

2. Berhenti Merokok

Jika penderita adalah seorang perokok, maka wajib untuk berhenti merokok. Zat-zat kimia yang terkandung dalam rokok, terutama nikotin, dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kadar kolesterol buruk (LDL) dalam darah.

Bahan kimia tertentu lain yang ditemukan dalam asap rokok, yaitu akrolein, dapat merusak HDL sehingga mengganggu tugas HDL dalam mengumpulkan kolesterol jahat atau LDL.Penurunan kadar HDL memungkinkan LDL untuk menumpuk dan bergerak bebas dalam aliran darah.

Akrolein memicu proses yang mengubah struktur molekul LDL sehingga membuatnya menjadi tidak dikenali oleh sistem kekebalan tubuh. Sisitem kekebalan tubuh mengeluarkan sel-sel darah putih untuk menyerang LDL, yang menyebkan peradangan dan kemudian terakumulasi yang menyebabkan penumpukan plak pada dinding arteri, yang kemudian mengeras seiring berjalannya waktu dan menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah.

3. Hindari Alkohol

Dan jika penderita adalah seorang peminum, maka wajib berhenti dan menjauhi minuman beralkohol. Meskipun minum alkohol tidak meningkatkan kolesterol, namun mengkonsumsi alkohol di atas moderat akan meningkatkan kadar trigliserida.

Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Kadar trigliserida tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga berpotensi membahayakan hati dan otak.

4. Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang disarankan adalah olahraga rutin tiap hari sekitar 30 – 40 menit seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Dengan berolahraga seperti itu dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL dan menurunkan kolesterol buruk atau LDL yang menyebabkan berbagai penyakit.

5. Makanan Sehat

Penderita sebaiknya mengkonsumsi banyak sayuran dan buaha-buahan serta karbohidrat kompleks. Selain itu minyak ikan atau omega 3 juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

6. Periksa Berkala

Jika ada riwayat keluarga yang menderita penyakit kolesterol sebaiknya segera memeriksa darah secara berkala untuk mengecek kadar kolesterol dalam darah. Lakukan minimal dua kali tiap enam bulan. Hal ini merupakan tindakan preventif untuk pencegahan.

7. Berobat

Jika terapi non obat-obatan yang dijalankan selama 3 hingga 6 bulan tidak berhasil, kadar lemak belum turun maka konsultasikan ke dokter atau ahli herbal. Karena pengobatan penyakit kolesterol tinggi bisa dilakukan secara medis dan non medis. Pengobatan secara medis menggunakan resep dokter dan terapi rutin. Selain itu selama berobat penderita sebaiknya segera merubah pola hidupnya dan mengikuti saran dokter.

Demikanlah cara tips menghindari dan menanggulangi kolesterol tinggi. Karena jika tidak segera mendapat penanganan akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Semoga artikel bisa memberi banyak manfaat untuk Anda.

Jangan Lewatkan:

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here