Tips Menjadi Orang Yang Lebih Bijaksana, Terbuka Dan Tidak Gegabah Dalam Mengambil Keputusan

0
309

Sebagai manusia dewasa tentunya kita sering dihadapkan pada segudang permasalahan. Baik itu permasalahan dalam dunia kerja, pergaulan dan juga permasalahan dalam keluarga. Saat permasalahan itu datang mendera, kita dituntut untuk bisa menyelesaikannya dengan bijaksana, berfikir terbuka dan tidak terburu – buru dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah agar permasalahan tidak semakin rumit.

Sifat bijaksana yang dimiliki seseorang tidak bisa dilihat dari segi usia. Terkadang orang yang memiliki usia tua tidak bisa menjadi bijaksana dalam menghadapi permasalahan, begitupun sebaliknya seseorang lebih muda malah lebih bisa menjadi sosok yang lebih bijaksana.

Tips Menjadi Orang Yang Lebih Bijaksana

“Sudah tahukah Anda apa itu bijaksana dan bagaimana cara menjadi sosok yang bijaksana?”. Menurut kamus besar bahasa indonesia (kbbi) bijaksana adalah bertindak sesuai dengan pikiran, akal budi (sesuai pengalaman dan ilmu pengetahuan) sehingga menghasilkan perilaku yang tepat, sesuai dan pas. Dan bagaimana caranya menjadi orang yang bijaksana?

Berikut adalah cara atau tips menjadi sosok yang bijaksana :

Menomor Duakan Keegoisan

Setiap orang pasti memiliki ego, entah itu ego yang mau menang sendiri ataupun ego yang selalu merasa benar. Jangan sekali – kali Anda menggunakan keegoisan dalam menyelesaikan masalah, karena itu akan semakin mempersulit Anda.

Utamakanlah ketenangan diri Anda dan jadikanlah egois Anda di nomor dua atau yang paling belakang. Tidak ada salahnya sesekali Anda mengalah meski Anda berada di jalur yang benar. Mengalah bukan berarti kalah, tapi menunggu dan mengikuti proses karena waktu akan menunjukkan jawaban terbaik dari setiap masalah.

Buang Jauh – Jauh Emosi Anda

Menyelesaikan masalah dengan emosi hanya akan menyiksa diri Anda. Perlu Anda ingat bahwasanya sosok bijaksana itu adalah orang yang tahu kapan harus marah, sedih dan bahagia. “Bagaimana bisa Anda disegani dan dihormati kalau sukanya marah-marah?”. Belajarlah untuk mengontrol emosi Anda, saya yakin Anda pasti bisa.

Anda akan lebih jauh dihormati dan disegani jika Anda bisa mengontrol emosi dalam menyelesaikan masalah. Selain itu Anda juga akan terhindar dari penyakit stroke, darah tinggi dan serangan jantung dengan membuang jauh emosi.

Jangan Berfikir Pendek Dalam Mengambil Keputusan

Saat masalah datang menghampiri gunakanlah akal sehat Anda untuk berfikir lebih jauh tentang apa yang sedang terjadi, bagaimana solusinya, dan resiko apa yang Anda terima jika salah langkah. Ingat, sosok bijaksana tidak akan pernah berfikir pendek dan terburu – buru dalam menyelesaikan masalah.

Selalu Belajar Dalam Menggali Wawasan

Sudah pasti Anda tahu bahwasanya kita sebagai manusia diwajibkan untuk selalu belajar dan belajar. Belajar tidak hanya di bangku sekolah saja, tapi setelah selesai sekolahpun kita harus selalu belajar untuk memperluas wawasan.

Dengan wawasan luas yang Anda miliki, akan bisa berfikir lebih mendalam dalam mengatasi masalah. Selain itu Anda akan lebih kuat dan tabah mengahadapi terpaan masalah yang datang karena wawasan yang Anda miliki, serta lebih bisa mengendalikan.

Mau Mendengarkan Masukan Dari Orang Lain

Sebagai makhluk sosial tentunya kita selalu berhubungan dengan orang lain, baik itu dalam lingkungan kerja, keluarga dan lingkungan sekitar rumah. Bercerita bareng ataupun menyelesaikan masalah bersama – sama tentunya sering kita lakukan. Dengar dan hargailah ucapan orang lain baik itu salah ataupun benar menurut Anda, karena salah satu sifat dari sosok bijaksana adalah mau mendengarkan masukkan dari orang lain.

Jika ada orang lain yang berbicara salah dalam memberi masukan pada diri Anda maka beritahu dan ingatkan dengan cara yang baik-baik atau halus. Dan apabila orang tersebut masih merasa ucapanya itu benar maka Anda harus bersikap tenang dan tersenyumlah.

Selalu Berfikir Sebelum Berbicara

Sebagai orang yang bijaksana kita diwajibkan berfikir dulu sebelum berbicara. Ketika Anda berbicara tentang suatu hal, Anda harus bisa membuktikkan apa yang sudah Anda bicarakan, baik tentang suatu hal ataupun sebuah tindakan. “Jangan seperti tong kosong nyaring bunyinya”, suka berbicara tapi tak bisa menunjukkan nyatanya.

Perlu Anda ingat salah satu prinsip dalam komunikasi adalah “setelah Anda mengatakan sesuatu, Anda tidak lagi bisa menariknya kembali”. Seperti saat kita mengatakan A tapi pada kenyataanya adalah B, maka itu akan membuat Anda kehilangan kepercayaan orang lain, oleh sebab itu berfikirlah terlebih dahulu sebelum bertindak agar kita bisa dihargai orang lain.

Tidak Suka Mengikuti Gaya Orang Lain

Sosok bijaksana adalah sosok yang lebih bisa menjadikan dirinya jauh lebih baik dari orang lain. Jangan pernah Anda mengikuti gaya dari kebanyakan orang hanya ingin disebut lebih bisa mengikuti tren yang ada. Hidup dengan mengikuti gaya orang lain hanya akan merendahkan harga diri Anda sendiri, “kenapa bisa?”.

Karena orang bijaksana itu harus bisa dijadikan panutan bukan malah mengikuti panutan orang lain. jadilah diri sendiri dan bergayalah apa adanya itu akan menjadikan Anda menjadi jauh terlihat lebih bijaksana dan disegani orang lain.

Tidak Mudah Terpengaruh

Sebagai orang yang bijaksana kita tidak boleh mudah terpengaruh dengan hal – hal yang tidak baik. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa untuk menjadi orang bijak itu harus berwawasan luas, dengan wawasan yang luas kita akan lebih tahu hal mana yang baik dan yang buruk buat diri sendiri.

Dalam kehidupan sehari – hari tentunya kita akan dihadapkan dengan banyak orang, bergaul dengan siapa saja dan berhubungan dengan berbagai macam sifat dan perilaku yang beragam.

Selalu Bisa Memahami Orang Lain

Memahami sifat seseorang memang tidak mudah, tapi untuk menjadi bjaksana kita harus mampu memahami orang lain. Orang yang bijaksana tidak suka menghakimi ataupun suka mengejek orang lain. Emosi dan keegoan selalu di nomer duakan dalam menghadapi orang lain.

Menggunakan bantuan Terapi Brainwave Decison Making Therapy

Menjadi sosok yang bijaksana memanglah sulit. Anda harus bisa mengontrol diri agar tidak mudah emosi dan egois. Selain itu Anda harus bener-bener profosional dalam berbagai hal. Mungkin semua itu tidak akan mudah untuk Anda jalankan. Tapi setidaknya Anda bisa bijaksanan dalam mengambil keputusan.

Keputusan yang tepat sering dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah tanpa masalah. Dan Mengambil keputusan besar bisa sangat menakutkan karena takut melakukan kesalahan yang menjadikan masalah menjadi rumit. Untuk itu diperlukan kebijaksaan yang matang agar bisa mengatasi masalah yang ada.

Jika Anda sudah melakukan segala cara dan Anda belum bisa mengambil keputusan saat mengatasi masalah. Maka Brainwave Decison Making Therapy akan membantu Anda menjadi orang yang bijaksana, berfikir lebih terbuka dan tidak gegabah dalam mengambil keputusan.

Apa Itu Brainwave Decison Making Therapy Dan Bagaimana Cara kerjanya?

Brainwave Decison Making Therapy adalah sebuah terapi musik yang diciptakan khusus untuk membantu Anda menjadi bijaksana dalam mengambil keputusan. Terapi musik ini akan bekerja untuk Anda sehingga Anda dapat secara efektif mengambil keputusan tanpa perasaan tertekan atau stres yang tidak perlu.

Suara musik terapi ini akan menempatkan Anda ke dalam keadaan “trance”, yaitu keadaan relaksasi dan kesadaran yang mendalam. Tujuan dari terapi ini adalah untuk menenangkan dan menaklukkan pikiran sadar untuk sementara waktu sehingga pikiran bawah sadar dapat diakses dan melakukan perubahan pada tingkat yang mendalam.

Brainwave Decison Making Therapy dikemas dalam beluk kepingan CD yang berisi musik terapi. Selain suara musik terapi, dalam CD Brainwave Decison Making Therapy juga di lengkapi skript visualisasi dalam bahasa Indonesia.

Visualisasi ini berfungsi untuk menemukan jawaban dari pikiran bawah sadar Anda, tentang mengapa Anda merasa sulit untuk mengambil keputusan, ketakutan dan emosi apa yang mendasarinya.

Visualisasi ini juga akan menunjukkan bahwa ada berbagai jenis keputusan yang dapat Anda buat. Pada akhirnya, visualisasi yang Anda lakukan akan membuat Anda sadar bahwa tidak ada keputusan yang terlalu besar atau terlalu menakutkan. Visualisasi yang Anda lakukan juga akan membantu Anda menyadari apa yang Anda inginkan.

Banyak orang mengalami kesulitan mengambil keputusan karena mereka tidak ingin mengecewakan atau dikritik oleh orang lain. Brainwave Decison Making Therapy akan membantu Anda untuk menyadari apa yang membuat Anda bahagia dan menyadari apa yang Anda butuhkan. Dengan mampu menyadari hal ini, Anda akan dapat  melihat lebih jelas keputusan yang mana yang lebih baik buat Anda. Untuk memesan silahkan klik Brainwave Decison Making Therapy.

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here