Cara Agar Tidak Kecanduan Gula – Gula, Siapa yang tidak menyukai gula? Sudah berapa banyak gula yang kita konsumsi setiap hari? Mulai dari gula pasir untuk menyeduh kopi, dari kue-kue manis, hingga minuman ringan.

Seringkali kita tidak memperhatikan berapa jumlah gula yang sudah kita konsumsi dalam setiap harinya. Banyak orang yang merasa bahwa ketika mengkonsumsi gula itu menyenangkan karena memang gula itu manis.

Anda merasa bahwa pikiran Anda begitu terasa tenang dan santai. Itulah sebabnya Anda sangat menyukai makanan manis. Rekomendasi asupan gula harian untuk pria kurang dari 150 kalori atau setara sembilan sendok teh dan perempuan 100 kalori setara enam sendok teh.

Gula yang perlu dibatasi adalah gula yang ditambahkan pada makanan bukan gula alami yang terdapat dalam buah-buahan. Namun selain itu perlu diketahui juga bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membahayakan untuk kesehatan tubuh manusia.Ancaman diabetes bisa menyerang secara tiba-tiba jika Anda tidak mengontrol asupan gula.

untuk itu alangkah baiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi gula berlebihan, karena selain membahayakan juga menyebabkan kecanduan. Oleh karena itu perlunya memahami mengapa gula sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

Berikut  ini adalah penjelasan mengenai gula, dan semoga Anda bisa memperhatikan ketika mengkonsumsi gula agar tidak berlebihan :

Beberapa orang yang kecanduan gula akan mengalami kehilangan kontrol dan makan lebih banyak dari yang direncanakan, merasa kurang pas ketika makan tanpa gula, Kalau sedikit makan gula akan merasa gugup, gemetar, bahkan keringat dingin.

Dan selain itu ternyata gula juga menyimpan beberapa efek berbahaya bagi manusia ketika di konsumsi secara berlebihan dan terus menerus, diantaranya yaitu :
  • Bisa menekan sistem imun

Sukrosa menekan sistem imun dengan cara memaksa prankeas untuk memproduksi insulin secara berlebihan. insulin akan tetap tinggal dalam sirkulasi darah walaupun proses penguraian gula sudah lama sekali.

Salah satu efeknya adalah menekan produksi hormon pertumbuhan pada kelenjar pituitari yaitu kelenjar seukuran biji kacang polong yang terletak pada dasar otak. Hormon pertumbuhan adalah regulator utama pada sistem imun.

Sistem imun juga akan memperlakukan gula pasir sebagai zat asing yang bersifat racun, karena struktur kimiawinya yang sudah tidak alami lagi dan adanya zat-zat kimia lainnya yang digunakan dalam proses pengolahan.

  • Mempercepat penuaan dan memperparah kanker
Alasan lain yang perlu dipertimbangkan dalam menghindari gula adalah untuk bahwa terlalu banyak dan sering mengkonsumsi gula bisa mempercepat proses penuaan. Gula menimbulkan penuaan dengan 2 cara, yaitu:
  1. dengan membuat ikatan dengan protein dalam tubuh sehingga membentuk senyawa campuran gula-protein yang disebut advanced glycation end products (AGEs). Semakin tinggi kadar AGEs dalam darah, semakin cepat Anda mengalami proses penuaan.
  2. Kadar gula yang tinggi dalam aliran darah juga merangsang meningkatnya jumlah radikal bebas yang juga berakibat mempercepat proses penuaan.

Bagi penderita kanker, mengontrol kadar gula dalam darah dengan cara membatasi konsumsi gula juga membantu memperlambat pertumbuhan kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena itu, mengontrol kadar gula dalam darah dengan berbagai cara, merupakan salah satu hal terpenting dalam program terapi kanker.

  • Menyebabkan kegemukan dan kecanduan

Pada 1991 pemerintah Singapura juga melarang penjualan minuman ringan bergula di seluruh sekolah dan pusat kegiatan pemuda, mengingat bahaya yang dapat diakibatkan gula pada kesehatan mental dan fisik anak-anak.

Para ahli gizi dari Universitas Comell juga pernah meneliti bahwa terlalu banyak meminum minuman soft drink mudah menyebabkan anak-anak kegemukan.

Sebab, anak-anak itu tidak pernah menghitung tambahan kalori yang mereka dapat dari minuman ringan tersebut dan tetap makan dengan porsi seperti biasa.

Sekarang agar  terhindar dari kecanduan gula bisa melakukan tips-tips dibawah ini:
  • Makan secara tepat waktu

Pola makan yang teratur serta seimbang mampu menghindarkan dari kecanduan akan gula. Konsumsilah makanan yang mencakup protein, serat, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat. Hal ini akan menjaga keseimbangan gula darah.

  • Gunakan pemanis alami

Jika ingin menambahkan pemanis dalam makanan, tambahkanlah pemanis yang benar-benar murni dan sehat karena hal itu akan lebih menguntungkan untuk kesehatan dibanding dengan pemanis buatan yang biasa digunakan pada makanan.

  • Menyingkirkan semua makanan manis di dapur

    Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan kecanduan akan gula adalah dengan menyingkirkan semua makanan manis yang ada di dalam lemari dapur.

Sebab, jika mengetahui bahwa masih menyimpan makanan tersebut, maka kemungkinan akan tergoda untuk mengonsumsinya.

Namun selain juga melakukan tips-tips diatas agar hilang kecanduan mengkonsumsi gula yang sedang Anda alami. Anda bisa menggunakan bantuan terapi. Terapi Binaural Beats-Sugar Addiction akan memudahkan Anda menghilangkan kecanduan yang Anda derita.

Terapi Binaural Beats – Sugar Addiction merupakan sebuah terapi yang telah dirancang khusus oleh para ahli untuk membantu menghilangkan kecanduan gula yang Anda derita, membantu menurunkan kadar gula, serta menjadikan tubuh lebih sehat.

Terapi Binaural Beats – Sugar Addiction ini telah melewati proses penelitian ahli selama bertahun-tahun dan terbukti efektif untuk membantu menghilangkan kecanduan gula. Namun terapi ini bukanlah obat utama seperti dunia medis, karena sifat terapi ini hanyalah membantu memudahkan Anda menghilangkan kecanduan Anda terhadap gula dan pada akhirnya kadar gula Anda akan normal kembali.

 

Komentar

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here